>

Kasus Kematian Covid-19 Terus Meningkat, Pemprov DKI Tambah Hampir 5 Ribu Makam

  Rabu, 27 Januari 2021   Icheiko Ramadhanty
Petugas mengusung peti jenazah yang meninggal dunia karena Covid-19 untuk dimakamkan di TPU Srengseng Sawah, Jakarta. (dok Republika)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota menambah lahan pemakaman baru, khususnya untuk jenazah terpapar Covid-19. Hal ini merujuk pada semakin meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di Jakarta.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Murcahyo, mengatakan saat ini sudah dipersiapkan lahan di tiga Taman Pemakaman Umum (TPU) yakni, TPU Rorotan, TPU Tegal Alur di Jalan Sahabat, dan TPU Bambu Wulung.

"Jumlah yang tersedia di tiga lokasi itu mencapai sebanyak 4.838 petak makam," ujarnya, dilansir dari beritajakarta.id, Rabu (27/1/2021).

Ivan menjelaskan, untuk TPU Bambu Wulung luasnya sekitar 3.000 meter persegi dengan kapasitas 800 petak.

"TPU Bambu Wulung sudah difungsikan untuk pemakaman jenazah Covid-1 sejak Kamis pekan lalu," terangnya.

Dia menambahkan, lahan makam baru di TPU Rorotan dan TPU Tegal Alur dalam tahap persiapan. Nantinya, kapasitas di TPU Rorotan sekitar 1.500 petak makam dengan luas mencapai 8.100 meter persegi. Sedangkan, di TPU Tegal Alur berjumlah 2.700 petak makam dengan luas mencapai 1,3 hektare.

"Kami targetkan di dua lokasi itu sudah dapat digunakan pada Februari mendatang," tandasnya.

Hingga Selasa (26/1/2021), DKI Jakarta mencatatkan sebanyak 4.077 kasus kematian akibat Covid-19. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan laju penyebaran Covid-19 yang cukup besar dan banyaknya rumah sakit yang mulai runtuh. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar