>

Tampil Beda, Jokowi Pakai Singlet Saat Vaksinasi Dosis Kedua

  Rabu, 27 Januari 2021   Husnul Khatimah
Presiden Jokowi menerima vaksin COVID-19 dosis kedua, di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/01/2021) pagi

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil beda saat menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua pada pagi hari ini Rabu (27/1) di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta. Saat penyuntikan Presiden hanya tampak mengenakan jaket merah dan singlet atau kaos dalam.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden mengenakan singlet atau kaos dalam agar dapat memberikan kemudahan kepada vaksinator saat dilakukan penyuntikan. “Untuk kemudahan saat vaksin, sehingga tidak perlu melipat baju sampai atas,” ujar Bey.

Selain itu, kaos dalam yang dikenakan juga memberikan rasa nyaman. Sebab, Presiden tak perlu melipat lengan kemejanya saat akan disuntik. “Sehingga vaksinator tidak perlu meminta kepada Bapak Presiden untuk menaikkan lengan kemeja yang digunakan,” kata dia.

Presiden menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 hari ini setelah dua pekan sebelumnya suntikan vaksin pertama diberikan. Sama halnya dengan prosedur vaksinasi sebelumnya, dalam pelaksanaan kali ini, Presiden tetap terlebih dahulu melakukan sejumlah tahapan.

Sekitar pukul 08.25 WIB, Jokowi tampak menempati meja registrasi untuk melakukan validasi data. Kemudian tahap //screening kesehatan dilakukan seperti pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan riwayat kesehatan untuk memastikan penerima vaksin berada dalam kondisi prima dan layak mengikuti vaksinasi.

AYO BACA : Lengkap! Ini Cara Daftar, Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 dari Pemerintah

Pemberian suntikan vaksin kedua kepada Presiden Jokowi kali ini juga dilakukan oleh Prof dr Abdul Muthalib. Selama pelaksanaan vaksinasi, Wakil Ketua Dokter Kepresidenan tersebut dibantu oleh M Sokheh, selaku ners.

Vaksin yang disuntikkan kepada Presiden dan para penerima vaksin lainnya di seluruh Indonesia hingga saat ini ialah vaksin CoronaVac. Vaksin CoronaVac membutuhkan dua dosis penyuntikan bagi tiap masing-masing penerima untuk memperkuat respons imun dari suntikan dosis pertama. Sebanyak 0,5 mililiter dosis vaksin disuntikkan di masing-masing penyuntikan.

Selain Presiden, penyuntikan vaksin tahap kedua ini juga dilakukan kepada sejumlah perwakilan yang mendapatkan dosis pertama vaksin bersama Presiden pada dua minggu lalu dan dinyatakan memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti vaksinasi dosis kedua.

Pada sesi pertama, suntikan vaksin dosis kedua juga dilakukan oleh Ketua Umum PB IDI Daeng Mohammad Faqih, Sekjen MUI sekaligus mewakili Muhammadiyah Amirsyah Tambunan, Rois Syuriah PBNU Ahmad Ngisomudin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, dan influencer Raffi Ahmad.

Selain itu, hadir juga Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito, Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani, Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi, Ronald Rischard Tapilatu dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, dan Romo Agustinus Heri Wibowo dari Konferensi Waligereja Indonesia.

Selanjutnya, ada pula Sekjen Ikatan Bidan Indonesia Ade Jubaedah, Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah, perwakilan buruh Agustini Setiyorini, dan Narti dari perwakilan pedagang. Di samping itu, tampak juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dan Reisa Broto Asmoro yang turut serta mengikuti vaksinasi dosis kedua ini.

AYO BACA : Covid-19 Kacaukan Dunia, Pakar Sebut Dunia Kembali Normal 18 Bulan Lagi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar