--> -->

Tingkatkan Privasi Keamanan, WhatsApp Web Tambah Fitur Sensor Wajah atau Sidik Jari

  Jumat, 29 Januari 2021   Budi Cahyono
Langkah pengamanan WhatsApp atas sinkronisasi dengan fitur sensor wajah dan sidik jari [WhatsApp].

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Untuk meningkatkan privasi keamanan bagi pengguna, WhatsApp menghadirkan fitur biometrik.

Fitur baru ini melalui sensor wajah atau sidik jari ke pengguna WhatsApp Web atau desktop. Fitur ini dimaksudkan untuk memperkuat sistem keamanan dalam pemakaian di Web maupun desktop.

AYO BACA : Dikritik, Soal Kebijakan WhatsApp Berbagi Data ke Facebook. Anda Setuju atau Tidak?

"Kami ingin performa WhatsApp Web dan desktop seunggul performa aplikasi versi ponsel. Dengan demikian, komunikasi pengguna tetap terjaga privasi dan keamanannya di perangkat manapun yang jadi pilihan mereka untuk berkirim pesan," tulis WhatsApp dalam keterangan resminya, Kamis (28/1/2021).

Fitur ini akan aktif ketika pengguna ingin menyinkronkan akun mereka dengan versi web atau desktop. Jika sebelumnya pengguna bisa langsung memindai kode QR, maka sekarang mereka akan diminta melakukan autentifikasi biometrik melalui ponsel.

AYO BACA : Tahan Kebijakan Privasi Baru, Pagi Ini WhatsApp Pasang Status

Menurut WhatsApp, tambahan lapisan keamanan ini akan meminimalisasi kemungkinan teman atau rekan kerja pengguna menyinkronkan akun ke perangkat lain tanpa sepengetahuan mereka.

"Kami menghadirkan fitur ini untuk memperkuat keamanan yang telah ada, yaitu memunculkan notifikasi saat ada yang login di WhatsApp Web/desktop, serta pengaturan untuk keluar dari semua perangkat di aplikasi ponsel yang dapat digunakan kapanpun," tambahnya.

Lebih lanjut, autentikasi wajah dan sidik jari yang dilakukan di perangkat pengguna otomatis terlindungi oleh sistem keamanan privasi.

Dengan begitu, WhatsApp tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.

Selain itu, WhatsApp juga akan meluncurkan pembaruan sistem keamanan antar perangkat bersamaan dengan desain visual baru untuk WhatsApp Web. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa minggu mendatang.

AYO BACA : Sharing Data WhatsApp – Facebook: Jadi Payung Hukum, Kominfo Kebut RUU PPDP

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar