>

Dapatkan Hand Sanitizer Alami dari Lidah Buaya dan Cengkeh, Begini Caranya!

  Senin, 01 Februari 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi/ Handsanitizer (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Salah satu barang yang menjadi sasaran masyarakat saat pandemi adalahhand sanitizer, yang dianggap mampu membunuh bakteri dan virus. Masyarakat pun berbondong-bondong membeli hand sanitizer di apotik-apotik maupun pusat perbelanjaan. Akibatnya, hand sanitizer sempat mengalami kelangkaan.

Kondisi itu menimbulkan keprihatinan pada Diana Susanti, seorang guru Kimia di SMAN 1 Sindang Indramayu. Dengan pengetahuan tentang ilmu Kimia yang dimilikinya, dia pun tergerak membuat sendiri hand sanitizer dengan bahan yang mudah diperoleh di lingkungan.

Pilihan Diana jatuh pada tanaman lidah buaya. Sebab, tanaman tersebut mudah ditemukan di tengah masyarakat. Tanaman itupun banyak tumbuh di kebun sekolah SMAN 1 Sindang.

''Saya lebih memilih lidah buaya daripada daun sirih karena lidah buaya cenderung lebih mudah ditemukan. Banyak masyarakat yang menanam lidah buaya,'' kata Diana,Minggu (31/1/2021).

Diana menjelaskan, untuk membuat hand sanitizer alamiah itu, lidah buaya yang telah dipotong dari pangkal tanamannya dikupas kulitnya dan diambil dagingnya. Dia menggunakan dua batang lidah buaya yang berukuran cukup besar atau jika ditimbang berbobot sekitar 50 gram.

Daging lidah buaya yang telah dikupas kulitnya itu kemudian dihaluskan. Lebih baik lagi jika diblender.

AYO BACA : Jangan Panik Dulu! Ini Pertolongan Pertama saat Tersedak

Setelah itu, rebus sepuluh bungkus cengkeh, yang dijual di warung dengan harga Rp 1.000 per bungkus. Cengkeh itu direbus dengan air sebanyak 500 mililiter (ml).

''Rebus air cengkehnya tidak perlu sampai mendidih. Cukup sampai panas saja,'' kata  perempuan kelahiran 17 Oktober 1984 tersebut.

Rebusan air cengkeh kemudian didinginkan. Setelah itu, rebusan air cengkeh dicampur dengan lidah buaya yang telah dihaluskan.

Campuran bahan-bahan alami itu lantas dicampur dengan alkohol 70 persen. Adapun perbandingannya, 3 : 1.

''Kalau hand sanitizer yang dijual di pasaran kadang suka bikin iritasi. Karena itu, saya pakai perbandingannya 3 : 1 untuk bahan alami dan alkoholnya,'' tutur Diana.

Setelah itu, campuran bahan alami dan alkohol tersebut sudah bisa digunakan sebagai hand sanitizer alami. Khasiat hand sanitizer alami itu diyakini sama dengan hand sanitizer buatan pabrik yang dijual di toko dan apotek.

Diana pun menularkan ilmu pembuatan hand sanitizer alami tersebut kepada para muridnya secara daring. Bahkan, praktik pembuatan hand sanitizer alami itu juga dijadikan sebagai tugas siswa untuk dikerjakan di rumah masing-masing.

AYO BACA : WFH Ternyata Bisa Memicu Masalah Kulit Wajah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar