>

Percaya atau Tidak Jembatan di Bogor Ini Bisa Bikin Pasangan Kekasih Putus Cinta

  Selasa, 02 Februari 2021   Husnul Khatimah
Jembatan Merah Kebun Raya Bogor (Kemendikbud)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Kebun Raya Bogor yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda menyimpan banyak cerita unik termasuk cerita jembatan putus cinta.

Sebuah jembatan gantung berwarna merah di pusat konservasi tumbuhan ini dapat menyebabkan hubungan sepasang kekasih yang tengah mengadu kasih akan retak bahkan kandas. Percaya atau tidak, tapi cerita ini telah beredar luas di masyarakat. Salah satunya yang diketahui oleh Leonita Noviandri (21).

Leonita, gadis asal Sukabumi, mengaku mengetahui cerita jembatan putus cinta dari mulut ke mulut. "Jembatan merah itu 'kan katanya kalo pasangan yang datang ke sana nantinya bakal putus gitu ya. Agak lupa sih tahunya dari mana," ujarnya kepada ayobogor.com.

Humas Kebun Raya Bogor, Kapat Yuriawan, membenarkan adanya mitos tentang jembatan putus cinta tersebut. Menurutnya, mitos tersebut telah lama beredar di kalangan masyarakat umum.

"Mitos itu sudah lama kira-kira sejak Kebun Raya dibuka untuk umum. Mitosnya kalau ada sepasang kekasih lelaki dan perempuan yang berhubungan asmara gitu kalau sedang melintasi jembatan merah itu nanti akan putus," jelas Yuri.

Yuri menjelaskan jembatan putus cinta sebenarnya memiliki nama resmi jembatan gantung Kebun Raya Bogor. Namun, akibat cerita mitos kadung terkenal, sebutan jembatan putus cinta pun lebih familiar di telinga masyarakat.

AYO BACA : Monumen Lady Raffles, Saksi Romantisme Kisah Cinta Sang Gubernur Hindia Belanda

Yuri tidak mengetahui secara pasti siapa yang menciptakan dan menyebar mitos tersebut. Namun yang pasti, menurutnya mitos hanyalah mitos. Selama bekerja di Kebun Raya Bogor, tidak pernah mendengar adanya kejadian pasangan muda-mudi yang putus cinta setelah melintasi jembatan gantung Kebun Raya Bogor.

"Itu hanya mitos saja, hanya karangan saja kembali kepada pribadi masing-masing mau percaya atau tidak. Namun, selama sebelas tahun saya bekerja di kebun raya belum pernah mendengar kejadian seperti itu," kata Yuri.

Diakui Yuri,  mitos tersebut dirasakan menjadi daya tarik sendiri bagi Jembatan Putus Cinta untuk didatangi pengunjung. Selain Jembatan Putus Cinta, ada pula pohon jodoh yang masih berdekatan dengan jembatan gantung dan disebut-sebut dapat membuat hubungan kekasih akan awet sampai tutup usia.

"Tentunya itu menjadi daya tarik dengan adanya jembatan cinta dan pohon jodoh. Mungkin saja dulunya mitos ini diciptakan oleh senior kita untuk media promosi juga disamping jembatan cinta ada juga pohon jodoh karena berdampingan bentuknya sama seperti lelaki perempuan," kata Yuri.

Senada dengan Yuri, Leonita mengaku dengan adanya mitos jembatan putus cinta menambah daya tarik baginya. Selain bentuk fisik jembatan itu yang juga dinilainya terlihat cantik dan indah.

"Menurut saya tempatnya bagus sih apalagi kalo difoto dari jauh jadi bayangan jembatannya mantul di air yang ada di bawahnya. Jadi daya tarik banget pasti orang-orang penasaran juga sih kenapa bisa ada mitos kaya gitu," ucap Leonita.

"Di lingkungan aku kaya dijadiin lucu-lucuan gitu aja kaya ada temen sama pacarnya yang waktu itu pernah foto di sana terus kita ceng-cengin aja mau putus mau putus gitu. Tapi mereka masih awet aja sampe sekarang," tambah Leonita

AYO BACA : Selama Pandemi, Kawasan Wisata Gunung Puntang Berlakukan Prokes Ketat -

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar