>

Puting Beliung Terjang Sidoarjo, Rumah hingga Pasar Porak-poranda

  Kamis, 04 Februari 2021   Husnul Khatimah
Puting Beliung Terjang Sidoarjo, Pasar hingga Rumah Porak-poranda (suara)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Puting Beliuang disertai hujan deras di daerah Sidoarjo dan sekitarnya membuat belasan rumah dan kios di Pasar Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo rusak. Kejadian ini terjadi pada Rabu (3/1/2021) malam.

Data yang dihimpun dari BPBD Sidoarjo, ada sebanyak 17 rumah di RT 1, RT 2 dan RT 3, RW I sebanyak 16 rumah, dengan kategori rusak ringan. Dan 6 kios di Pasar Balongdowo mengalami kerusakan yang cukup parah.

Salah satu pemilik warkop di sekitar lokasi mengatakan bahwa angin kencang mulai muncul sekitar sore hari. Ketika malamnya berjualan kebetulan hujan deras disertai angin melihat kios-kios di pasar berterbangan.

"Saat puting beliung datang, saya masih berjualan. Angin begitu kencang. Asbes-asbes berterbangan. Saya sempat ketakutan lari ke Musala sebrang jalan," kata Joni Kobra, pemilik warkop di lokasi Kamis (4/2/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh Zaiful. Pedagang pakaian di kios pasar ini mengaku melihat kejadian angin kencang yang berlangsung cukup cepat. Ia memperkirakan selama lima menit angin puting beliung memporak-porandakan atap kios.

"Kejadian sangat cepat, awalnya hanya hujan gerimis tiba-tiba ada angin sangat kencang disertai hujan deras. Hampir semua atap lapak pasar berterbangan. Saya sama pedagang yang lain mengamankan diri berlari," kata Zaiful.

Akibat kejadian ini, kegiatan di pasar sedikit terhambat. Selain itu, usaha satu-satunya para pedagang mengalami penurunan penjualan. Zaiful berharap dengan kejadian ini ada pihak yang bisa segera memperbaikinya.

"Kami mengharapkan pemerintah Sidoarjo, segera memperbaiki, ini satu-satunya tempat usaha pedagang warga Balongdowo Candi," tambah Zaiful.

Sementara itu, anggota DPRD Sidoarjo, Mimik Idayana yang kebetulan meninjau ke lokasi kejadian menyampaikan bahwa pihaknya akan menyampaikan kejadian ini ke Pemkab Sidoarjo. Nantinya ia meminta pemerintah segera memperbaiki lapak-lapak yang terkena dampak bencana angin puting beliung.

"Karena ini satu-satunya tempat usaha mereka, Pemkab Sidoarjo saya minta untuk segera memperbaiki nanti. Kasihan mata pencaharian mereka hanya disini. Apalagi disaat musim pandemi sulit mendapatkan penghasilan," tandas Mimik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar