>

Giant Margo City Depok Bakal Tutup Permanen, Disnaker Kawal PHK Karyawan

  Kamis, 04 Februari 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi/ Margo City Depok

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok akan mengawal proses pemutusan hubungan kerja karyawan Giant di Margo City Depok. Itu menyusul kabar penutupan permanen supermaket tersebut pada 3 Maret 2021.

"Infonya, rencana mau Giant Margo City tutup. Nasib karyawannya akan terus kami monitor," ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto di Balai Kota Depok, Kamis (4/2/2021).

Manto mengatakan, menurut informasi yang didapat dari pihak manajemen, terdapat 52 pegawai tetap di Giant Margo City. Pegawai tersebut ditawarkan dua opsi. Pertama adalah mutasi ke ritel Giant lain di Indonesia. Kedua, pemutusan hubungan kerja (PHK) bila tidak ada formasi lowong di outlet.

"Nah, misalnya, jika pegawai keberatan dimutasi ke luar daerah bisa diselesaikan secara Bipartit atau mereka di-PHK dan diberikan pesangon sesuai aturan yang berlaku," terangnya.

Ia menambahkan, kendati demikian, pihaknya akan terus memantau kelanjutan nasib pegawai di supermarket tersebut, hingga mereka mendapatkan haknya.

T. Hero Supermarket Tbk mengumumkan bakal menghentikan permanen operasional toko swalayan Giant di mal Margo City Depok, Jawa Barat, bulan depan. Penutupan disebut karena sepi pembeli selama pandemi.

"Kami pastikan akan menutup Giant Margo City Mall pada 3 Maret 2021 mendatang," ujar Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Dicky Risbianto kepada sejumlah wartawan di Kota Depok, Senin (1/2).

Menurut Dicky, penutupan supermarket Giant di Margo City karena pembeli sepi, dampak dari pandemi Covid-19. "Selain pembeli sepi juga pengaruh pembatasan jam operasional," terangnya.

Terkait karyawan yang akan dirumahkan, pihaknya memastikan, mereka menerima hak-hak mereka sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang bertindak sesuai hukum serta aturan yang berlaku.

"Kami telah berkomunikasi secara jelas dengan semua karyawan dan selama ini kami bekerja keras untuk memperlancar transisi sebaik mungkin dan memperlakukan semua dengan adil dan hormat," jelas Dicky

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar