--> -->

Wacana Lockdown Akhir Pekan, Anies Minta Pertimbangan ke Epidemiolog

  Jumat, 05 Februari 2021   Budi Cahyono
ilustrasi (AyoMedia)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewacanakan menerapkan lockdown saat akhir pekan atau weekend.

Untuk menerapkan lockdown, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih mengkaji dan mempertimbangkannya. Saat ini wacana tersebut masih dalam pembahasan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, dalam membahas wacana ini, Gubernur Anies Baswedan akan menggelar rapat internal. Pihaknya menggandeng juga sejumlah elemen termasuk epidemiolog.

"Beberapa hari ini nanti kami di intenal, pak Gubernur akan pimpin rapat internal, dengan para epidemiologi, para ahli, pakar juga Forkopimda," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Menurut Riza, wacana lockdown weekend ini disampaikan oleh anggota DPR Saleh Daulay.

Kendati demikian, hal ini tetap didiskusikannya apalagi sudah ada negara yang menerapkannya.

"Jangankan anggota DPR, pribadi warga negara boleh mengusulkan apa pun terkait pencegahan penanganan Covid-19," jelasnya.

Politikus Gerindra ini tak mau membeberkan soal hal apa saja yang akan dibahas.

Karena itu, ia meminta masyarakat menunggu kebijakan yang diambil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam waktu dekat.

"Ya kita tunggu saja nanti kebijakan yang akan diambil. Apakah dimungkinkan ada lockdown akhir pekan seperti yang disarankan bung Daulay," tuturnya.

Namun, Riza pun juga meyakini saat akhir pekan, mobilitas warga cukup tinggi. Sebab saat liburan banyak yang bepergian ke sekitar atau luar Jakarta.

"Itu kan banyak yang harus dipertimbangkan. Sementara kita Senin-Jumat bekerja, Sabtu-Minggu digunakan untuk hari libur bagi keluarga," pungkasnya.

Penerapan lockdown akhir pekan sudah diterapkan Provinsi Jawa Tengah Sabtu-Minggu (6-7/2/2021). Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerbitkan SE ‘Gerakan Jateng di Rumah Saja’.

Namun, SE yang merupakan imbauan tersebut mendapatkan penolakan dari beberapa daerah di Jateng, termasuk Kota Solo yang merupakan kota kelahiran Presiden Joko Widodo.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar