>

Jajanan Zaman Old Telur Gulung, Rasanya Tak Lekang oleh Waktu

  Sabtu, 06 Februari 2021   Husnul Khatimah
Telur gulung (shutterstock)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Salah satu cerita masa lalu yang menarik untuk dikenang dan dibahas bersama teman sebaya adalah aneka jajanannya. Cerita tentang jajanan ini bukan hanya bikin kangen tapi juga sekaligus bikin kamu merasa ngiler untuk kembali mencicipinya.

Kini beberapa jajanan zaman old masih dapat kamu temukan, di antaranya adalah telur gulung. Di Kota Bogor, kuliner tradisional ini dapat kamu temukan dengan mudah terutama di taman-taman, area sekolahan, dan tempat -tempat keramaian lainnya.  Lihat saja di Taman Kencana atau disekitaran kampus IPB kamu akan selalu melihat pedagang telur gulung ini dikerebungi pembeli. 

Salah seorang pedagang telur gulung, Yuyi Yudistira (27) mengakui, jajanan zaman old ini masih diburu pembeli. Dalam sehari, dia bisa menghabiskan 10 kilogram telur bahkan jajanan ini lebih hits di zaman now dibandingkan zaman old. 

"Iya ini jajanan zaman old yang kini banyak dicari kembali. Memang sempat kurang peminat dan tahun 2012 kembali banyak yang nyari bahkan sekarang banyak penjualnya di Kota Bogor," ujar Yuyi saat berbincang dengan ayobogor.

Menurutnya, pembuatan jajanan ini sangatlah simpel yakni hanya berbahan telur dan mie bihun. Selain bahannya yang tak banyak, cara pembuatannya juga sangat simpel. Yakni dengan cara mengocok telur terlebih dahulu kemudian ditaburkan ke dalam minyak goreng yang sudah mendidih.

Selanjutnya telur digulung dengan lidi bersamaan dengan mie bihun.  Mie bihun adalah variasi tambahan dari kuliner ini dan biasanya telur gulung original tidak menggunakan bihun. Telur gulung kombinasi mie bihun ini sangat mudah ditemui di Kota Bogor.

"Jadi sebenarnya ini ada kombinasi mie bihun telur dan ada juga yang original, original biasanya tanpa ada bihun. Ini bedanya pada harganya kalau yang kombinasi bihun dijual seribu dan yang original dua ribu," terang Yuyi. 

Jika kamu tertarik untuk  mencoba telur gulung tak ada salahnya mencoba telur  gulung ala Yuyi ini.  Yuyi biasanya mangkal di samping kampus IPB.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar