>

PPKM Mikro, Mal Diperbolehkan Buka hingga Pukul 9 Malam

  Senin, 08 Februari 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi (AyoBogor)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro menekan penyebaran Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

Namun, dalam Instruksi Mendagri No. 3 Tahun 2021 diktum ke-9 huruf d poin 2 disebutkan jam operasional mal atau pusat perbelanjaan dilonggarkan kembali dari pukul 20.00 WIB menjadi jam 21.00 WIB dengan kapasitas 50% penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengungkapkan, kebijakan PPKM di DKI Jakarta menunjukkan kurva penularan yang mulai mendatar. Sedangkan yang masih ada kenaikan kasus positif Covid-19 adalah di Provinsi Jawa Barat dan Bali.

"Secara nasional untuk sektor ritel, termasuk mal dan restoran, tingkat pergerakannya sudah minus 22%.Sektor transportasi minus 36%, dan perkantoran 31%," ujar Airlangga dalam telekonferensi pers virtual, Senin (8/2/2021).

Apalagi, menurut Menteri Koordinator Perekonomian RI ini, pelaksanaan protokol kesehatan di sektor ritel, seperti mal dan restoran relatif lebih ketat.

Sementara itu, di level permukiman, pergerakan penyebaran kasus Covid-19 malah meningkat 7% Menurut Airlangga, inilah yang menjadi pertimbangan diterapkannya PPKM tingkat mikro. 

"Oleh karenanya, penerapan PPKM tingkat mikro, penyebaran Covid-19 akan lebih terkendali lagi," kata Airlangga.

Diketahui, PPKM Mikro ini mengatur pembatasan perkantoran atau tempat kerja yang diberlakukan sampai 50

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar