>

Selain Astra, Ternyata 45% Saham Jalan Tol Cipali yang Amblas di Km 122 Dikuasai Dana Pensiun Asal Kanada

  Selasa, 09 Februari 2021   Eries Adlin
Selain Astra, Ternyata 45% Saham Jalan Tol Cipali yang Amblas di Km 122 Dikuasai Dana Pensiun Asal Kanada/ayobandung/faqih rohman

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Curah hujan yang tinggi dan terus menerus di wilayah Jawa Barat menyebabkan ruas jalan tol Cikampek—Palimanan (Cipali) amblas di Km 122 ke arah Jakarta.

Akibatnya, pengelola jalan tol Cipali yang merupakan anak usaha Astra Infra Toll Road harus melakukan penutupan ruas yang kea rah Jakarta dan memberlakukan contraflow sejak Km 117 hingga Km 126.

Grup Astra melalui anak usaha PT Astra Tol Nusantara, seperti dilansir laman korporasi www.astrainfra.co.id,  telah mengakuisisi 55% saham efektif tol Cikopo—Palimanan sejak 28 November 2019. Sisa 45% saham dikuasai oleh Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB). Konsesi jalan tol Cipali dipegang oleh PT Lintas Marga Sedaya.

Tol sepanjang 116,8 km yang menghubungkan daerah Jabodetabek dan Karawang dengan wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur itu sudah beroperasi penuh sejak bulan Juni tahun 2015.

Jalan tol Cipali terdiri dari 6 seksi. Seksi 1: Cikopo-Kalijati (27,05 km), Seksi 2: Kalijati-Subang (11,2 km), Seksi 3: Subang-Cikedung (28,7 km), Seksi 4: Cikedung-Kertajati (18,9 km), Seksi 5: Kertajati-Sumberjaya (18,9 km), dan Seksi 6: Sumberjaya-Palimanan (14,05 km).

Sementara itu, Astra Tol Cipali akan membangun lajur darurat di median yang diperkirakan memakan waktu 3 hari sebagai langkah alternatif untuk mengatasi jalan yang amblas.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan pekerjaan perawatan jalan pada KM 122+400, diperkirakan memakan waktu 2 minggu,” jelas Agung Prasetyo, Direktur Operasi Astra Tol Cipali, dalam keterangan tertulis yang diterima Ayojakarta, 9 Februari 2021.

Lintas Marga Sedaya atau Astra Infra Toll Road Cipali memegang hak konsesi jalan tol Cipali selama 35 tahun dengan total panjang 116,75 km. Jalan tol Cipali yang terbentang dari Cikopo kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka sampai Palimanan Kabupaten Cirebon.

Jalan tol Cipali merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan mulai dari jalan tol Merak hingga ke Surabaya. Tol Cipali berada di antara Jakarta—Cikampek dan jalan tol Palimanan—Kanci.

Sejak diresmikan pada 13 Juni 2015, menurut pengelola, jalan tol Cipali terbukti memangkas rute Cikampek—Palimanan hingga 40 km dibandingkan dengan melewati jalur Pantura.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar