>

Virus Corona Diduga Pertamakali Beredar Bukan di Wuhan

  Selasa, 09 Februari 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Tim gabungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Cina menyebut virus corona penyebab Covid-19 mungkin telah beredar di wilayah lain sebelum diidentifikasi di Wuhan pada Desember 2019. Namun mereka belum dapat menyimpulkan di mana wilayah tersebut.

Seorang ahli di Komisi Kesehatan Cina Dr Liang Wannian mengungkapkan tidak ada penyebaran virus yang substansial di Wuhan sebelum pecahnya wabah pada akhir 2019. "Investigasi belum menemukan inang hewan yang bertanggung jawab untuk menularkan virus ke manusia," katanya pada Selasa (9/2), dikutip laman the Straits Times.

Dia menyebut penularan dari hewan mungkin saja terjadi. "Tapi sejauh ini inang reservoir masih harus diidentifikasi," kata Liang.

Kepala tim WHO Dr Peter Ben Embarek mengungkapkan penyelidikannya telah mengungkap informasi baru. Namun hal itu tidak secara dramatis mengubah gambaran wabah tersebut.

Dia menjelaskan pekerjaan untuk mengidentifikasi asal-usul SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 mengarah ke reservoir alami kelelawar. Kendati demikian, kecil kemungkinannya mereka berada di Wuhan.

Tim WHO yang diutus menyelidiki asal-usul Covid-19 tiba di Wuhan pada 14 Januari. Sebelum melakukan misinya, mereka menjalani isolasi terlebih dulu selama dua pekan. Terdapat beberapa tempat yang dikunjungi tim WHO selama proses penyelidikan.

Pertama adalah rumah sakit Wuhan yang paling awal menangani pasien Covid-19. Mereka juga menyambangi pasar tradisional Huanan, tempat yang diduga kuat menjadi rantai awal penularan Covid-19.

Selain itu, tim WHO turut mengunjungi Institut Virologi Wuhan. Seperti diketahui, sempat beredar teori bahwa Covid-19 disebabkan oleh kebocoran virus dari laboratorium di institut tersebut. Namun Cina telah membantah hal itu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar