Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah, Begini Cara Daftarnya!

  Rabu, 10 Februari 2021   Aini Tartinia
Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Agar, Begini Cara Daftarnya!

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud terus menjamin pemerataan akses pendidikan tinggi melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sekaligus mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan pemerintah.

Hal ini dapat dilihat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan KIP Kuliah di 2021 yang ditujukan sebanyak 1,095 juta mahasiswa. Pendaftaran akun peserta KIP Kuliah ini sudah dimulai sejak 8 Februari 2021 dan penutupan pada 31 Oktober 2021.

KIP Kuliah ini akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 menggunakan tiga jenis data ini:

- Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

- Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

- Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Nah, perlu diketahui bahwa NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2021 harus valid, sesuai data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

Kemudian, berikut tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2021:

AYO BACA : Daftar KIP Kuliah Agar Bebas Biaya Kuliah dan Dapat Tunjangan Bulanan, Ini Jadwal dan Persyaratannya

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di website Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui mobile apps Kuliah.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);

6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Demikian informasi tentang syarat dan tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2021. Segera daftar ya, sobat Ayojakarta! 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar