>

Bertemu Menlu Hongaria, Retno Singgung Persoalan Sawit Indonesia di Uni Eropa

  Selasa, 16 Februari 2021   Icheiko Ramadhanty
Pekerja memanen tandan buah segar kelapa sawit. (ilustrasi) Foto: Republika/Wihdan Hidayat

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menerima kunjungan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto pada Selasa (16/2/2021). 

Dalam kunjungan tersebut, beberapa kesepakatan telah dibentuk, salah satunya peningkatan kapasitas diplomatic kedua Negara dan pembentukan Indonesia-Hungary Investment Fund.

Tidak hanya sekedar kesepakatan bersama, Retno juga sempat menyinggung permasalahan yang bertahun-tahun dihadapi oleh Indonesia di Uni Eropa, yaitu ekspor kelapa sawit. Retno menyampaikan keprihatinan Indonesia terhadap diskriminasi komoditas minyak kelapa sawit Indonesia di Eropa. 

Dia membeberkan, kemitraan strategis antara ASEAN dan Uni Eropa pada bulan Desember lalu dapat memberikan kesempatan kedua kawasan untuk mencegah diskriminasi dan meningkatkan pemahaman terhadap produk-produk minyak kelapa sawit.

“Antara lain melalui Joint Working Group on Vegetable Oils. Dan saya terus mendorong Uni Eropa, termasuk Hongaria, untuk mendukung upaya Joint Working Group ini,” jelas dia dalam keterangan persnya, Selasa (16/2/2021).

Sebagai informasi, selama ini Indonesia melihat bahwa Uni Eropa telah melakukan kampanye hitam terhadap produk sawit asal Indonesia. Hal itu yang mendasari Pemerintah Indonesia mengajukan gugatan kepada World Trade Organization (WTO) terkait diskriminasi produk sawit yang dilakukan oleh Eropa.

"Kami juga sudah mengajukan gugatan kepada Eropa melalui WTO atas diskriminasi tersebut," kata Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, dalam Webinar Nasional Strategi Penguatan Kebijakan Pengelolaan Sawit Secara Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat dalam Rangka Ketahanan Nasional, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar