>

Hasil Lengkap Liga Champions 17 Februari: PSG & Liverpool Bersinar, Barcelona Memble

  Rabu, 17 Februari 2021   Eries Adlin
Hasil Lengkap Liga Champions 17 Februari: PSG & Liverpool Bersinar, Barcelona Memble

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Paris Saint-Germain (PSG) dan Liverpool bersinar pada pertandingan leg pertama di babak 16 besar Liga Champions 17 Februari 2021. Sebaliknya, Barcelona dan RB Leipzig berada dalam posisi tertekan untuk bisa melangkah ke babak selanjutnya.

Dalam pertandingan leg pertama Rabu dini hari, PSG yang bertandang ke markas Barcelona di Stadion Camp Nou memperlihatkan taji dengan mengalahkan tuan rumah dengan skor telak 1-4. Kylian Mbappe mencetak hattrick dalam pertandingan tersebut. Ini merupakan catatan tersendiri bagi striker asal Prancis itu di ajang Liga Champions.

Kemenangan 4-1 atas Barcelona jelas merupakan modal besar bagi PSG untuk bisa melanjutkan perjalanan ke babak 8 besar liga Champions. Sebaliknya, kekalahan dengan selisih 3 gol jelas merupakan petaka bagi Lionel Messi dan kawan-kawan. Anak asuhan Ronald Koeman harus mencetak selisih 4 gol di kandang lawan pada leg kedua agar bisa lolos ke perempat final Liga Champions.

Hasil positif juga didapat oleh Liverpool yang bertandang ke markas RB Leipzig di Stadion Puskas Arena. Kemenangan 2-0 atas tuan rumah sudah cukup untuk membawa satu kaki The Reds di babak 8 besar.

Gol Mohamed Salah dan Sergio Mane di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, terjadi karena blunder dari pemain-pemain Leipzig.

Petaka bagi tuan rumah bermula pada menit 53 ketika Lukas Klostermann terpeleset saat akan menerima umpan Kevin Kampl. Bola direbut Salah dan diselesaikan lewat sepakan terukur. Skor Leipzig vs Liverpool berubah menjadi 0-1.

Gol kedua Liverpool terjadi saat Nordi Mukiele gagal menyapu umpan panjang Curtis Jones kepada Sadio Mane. Mane yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Leipzig Peter Gulasci tak menemui kendala dalam merobek jala gawang lawannya.

Jalannya pertandingan Barcelona vs PSG (suara.com)

Mengawali pertandingan, Barcelona langsung menggebrak. Mereka langsung mengambil alih permainan dengan lebih banyak menguasai bola lewat sentuhan dari kaki ke kaki.

Sementara itu, PSG pada pertandingan kali ini tidak diperkuat oleh bintang mereka Neymar karena cidera. Mereka lebih banyak menunggu untuk kemudian melakukan serangan balik memanfaatkan kecepatan Kylian Mbappe dan Moise Kean.

Petaka bagi kubu sang tamu, di menit 27 mereka harus diganjar penalti. Eksekusi dilakukan oleh Lionel Messi. Megabintang asal Argentina itu sukses membawa Barcelona unggul lebih dulu dengan 1-0.

Namun siapa nyana, satu gol Messi dalam pertandingan itu adalah satu-satunya gol Barcelona yang bisa dicetak.

Lima menit kemudian, tepatnya di menit 32, PSG membawal lewat aksi Kylian Mbappe. Skor berubah jadi 1-1, hingga babak pertama selesai skor sama kuat tak berubah.

Selepas jeda, Barcelona kembali menunjukkan permainan menyerang. Namun PSG bisa bertahan dengan rapi. Bahkan mereka memiliki kesempatan lewat upaya serangan balik.

Beberapa kali mencoba, PSG akhirnya sukses menambah gol di menit 65. Lagi-lagi Kylian Mbappe menunjukkan keahliannya dalam mengkorversi gol kedua bagi timnya. Daya juang dan kecepatannya benar-benar membuat lini belakang Barcelona kalang kabut, skor berubah jadi 1-2.

Moise Kean! Pada menit 70, striker asal Italia itu menambah derita Barcelona lewat tandukannya memanfaatkan tendangan bebas yang dilepaskan Leandro Paredes. Skor makin lebar jadi 1-3.

Tertinggal tiga gol membuat Barcelona mencoba makin mengurung pertahanan PSG. Sejumlah pemain dimasukkan untuk menambah daya gedor.

Namun apa daya, PSG lagi-lagi memanfaatkan kesalahan para pemain Barcelona. Bola yang terlepas dari kaki pemain tuan rumah langsung dimanfaatkan anak-anak PSG lewat serangan balik cepat.

Julian Draxler merangsek ke depan kotak penalti Barcelona, bola diumpan ke Mbappe yang langsung menyambut dengan sepakan kaki kanan terarah dan gol! PSG menjauh jadi 1-4.

Tambahan waktu lima menit diberikan wasit, namun tak ada satupun gol yang berhasil dicetak lagi oleh anak-anak Barcelona, skor 1-4 tak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit.

Susunan pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen, Segino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri, Ousmane Dembele, Lionel Messi, Antoine Griezmann

PSG (4-2-3-1): Keylor Navas, Layvin Kurzawa, Presnel Kimpembe, Marquinho, Alessandro Florenzi, Leandro Daniel Paredes, Idrissa Gana Gueye, Kylian Mbappe, Marco Verratti, Moise Kean, Mauro Icardi

Jalannya pertandingan RB Leipzig vs Liverpool (suara.com)

Sejak awal laga kedua tim bermain dalam tempo tinggi. Mengandalkan kecepatan dari kedua sisi serta aliran bola yang cepat mewarnai 15 menit pertama.

Liverpool memiliki peluang berbahaya lewat serangan umpan lambung cepat dari Thiago kepada Salah. Sayang, cungkilan pemain asal Mesir itu masih mengenai bahu kiper Gulasci. Salah juga memiliki opsi mengumpan Mane yang berdiri sejajar, tetapi dia memilih menyelesaikan sendiri.

Leipzig merespons serangan itu dengan menerapkan tekanan ketat hingga jantung pertahanan Liverpool. Mereka berusaha merebut kembali bola dengan cepat dengan menempatkan hingga lima pemain menempel pemain lawan.

Keadaan itu menciptakan situasi menyulitkan bagi Robertson dan Alexander-Arnold dalam melancarkan tekanan. Keduanya tak leluasa menusuk jantung pertahanan seperti yang biasa mereka lakukan.

Pada menit ke-32, Andy Robertson membuat Gulasci sempat kalang kabut. Berawal dari sapuan Gulasci yang keluar dari kotak penalti, Robertson yang menguasai bola langsung melepaskan sepakan jarak jauh, tetapi bola hanya melebar tipis di atas mistar gawang.

Kendati Leipzig juga menerapkan permainan terbuka dan tekanan tinggi, mereka kesulitan membongkar lini pertahanan The Reds. Bola kiriman langsung ke kotak penalti Liverpool kerap dengan mudah dipatahkan.

Pada awal babak kedua, Leipzig hampir mengejutkan Liverpool, beruntung Alisson tampil gemilang dengan menepis sepakan Christopher Nkunku.

Setelah serangan itu, Salah membawa tim tamu unggul pada menit ke-53 setelah memanfaatkan kesalahan umpan Kevin Kampl yang berniat memberikan Backpass ke Lukas Klostermann. Tetapi Klostermann terpeleset dan bola dikuasai Salah untuk diselesaikan dengan sempurna.

Hanya berselang lima menit, Liverpool mencetak gol keduanya melalui Sadio Mane yang lagi-lagi berawal dari kesalahan bek Leipzig. Nordi Mukiele yang berniat menyapu umpan lambung Curtis Jones, dia gagal meraih bola yang kemudian dikuasai Mane dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Gulasci.

Leipzig berusaha merespons gol tersebut dengan dua serangan beruntun melalui Angelino dan Daniel Olmo, tetapi keduanya tidak menemui sasaran dan hanya menyamping tipis dari gawang yang dikawal Alisson.

Setelah tertinggal 2-0, Leipzig terus menekan namun Liverpool juga bermain lebih santai dan mempertebal lini pertahanan. Rapatnya barisan belakang The Reds membuat tim asuhan Julien Nagelsmann sulit menciptakan peluang terbuka. Mereka banyak melakukan sepakan spekulasi dan arahnya kerap tak jelas.

Satu-satunya peluang berbahaya Leipzig tercipta pada ujung laga. Menerima umpan terobosan Tyler Adam, pemain yang baru masuk pada babak kedua, Hwang Hee-chan, melepaskan tendangan yang arahnya menyamping ke sisi kiri gawang Liverpool.

Keunggulan 2-0 ini membuat Liverpool memiliki peluang besar melangkah ke babak berikutnya, apalagi mereka akan menjadi tuan rumah untuk pertandingan leg kedua pada 11 Maret.

Susunan pemain:

RB Leipzig (3-5-2): Peter Gulasci, Nordi Mukiele, Dayot Upamecano, Lukas Klostermann, Tyler Adams, Amadou Haidara, Kevin Kampl, Marcel Sabitzer, Angelino, Daniel Olmo, Christopher Nkunku

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker, Andrew Robertson, Jordan Henderson, Ozan Kabak, Trent Alexander-Arnold, Curtis Jones, Georginio Wijnaldum, Thiago Alcantara, Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar