>

Diterjang Longsor, Akses Jalan Bandung-Cianjur Sempat Terputus

  Rabu, 17 Februari 2021   Husnul Khatimah
Diterjang Longsor, Akses Jalan Bandung-Cianjur Sempat Terputus (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Longsor terjadi di Tanjakan Mala, Kampung Cibodas, RT02 RW02, Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Rabu (17/2/2021). Jalur Bandung-Cianjur sempat terputus karena tertutup tanah.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, saat ini jalur itu sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Namun, akses jalan masih harus dibuka tutup karena material longsornya belum seluruhnya dibersihkan.

Bencana ini diduga terjadi akibat hujan lebat yang menyebabkan tanah gembur ambrol. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun, jalur sempat tertutup tanah sepanjang 10 meter dengan ketebalan 2 meter

Anggota Retana BPBD Kecamatan Naringgul Nenden Saribanon mengatakan, bencana longsor Tebing Hijau di Tanjakan Mala terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, diduga akibat hujan sepanjang malam.

Setelah kita lakukan pendataan, tidak ada korban jiwa, karena sewaktu kejadian tidak ada lalu lalang kendaraan dan longsoran jauh dari pemukiman warga,” kata Nenden, Rabu (17/2/2021).

Sementara itu, Kementerian PUPR melalui Kawaslap PPK 2.5 Jabar Hery Kusera mengatakan, usai menerima laporan adanya longsor yang menutupi jalan utama penghubung dua kabupaten ini, pihaknya langsung bergerak ke lokasi.

"Tidak berselang lama semenjak adanya laporan tersebut, kami langsung turunkan alat berat untuk menyingkirkan material longsor,” ujar Hery.

Selang beberapa jam, material longsor sudah disingkirkan meski belum semuanya. “Saat ini sudah bisa dilalui, meski hanya baru satu jalur. Kendaraan yang melintas memberlakukan sistem buka tutup,” jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar