--> -->

Kawanan Paus Terdampar di Perairan Madura

  Jumat, 19 Februari 2021   Budi Cahyono
Tangkapan layar video paus terdampar di perairan Madura. (Ayosurabaya/Ist)

MADURA, AYOJAKARTA.COM -- Puluhan ekor paus terdampar di pesisir perairan Desa Paterman, Kecamatan Modung, Madura pada Kamis (18/2/2021). Namun, belum diketahui penyebab pasti sekawanan paus itu terdampar di sana.

Berdasarkan keterangan Warga Desa Blega, Madura, Rois Alfarista, kawanan paus tersebut diperkirakan mencapai 50 ekor. Ukurannya beragam, mulai dari kecil, sedang, hingga berukuran besar.

"Kemarin ada puluhan, 50 lebih kalau gak salah, tadi saya dan warga hitung tinggal 38 ekor, yang sisanya sudah kembali ke laut saat pasang," kata Rois saat dihubungi AyoSurabaya.com.

Rois menambahkan, pada Jumat (19/2/2021) pagi, sudah ada petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang tiba disana bersama para kepolisian dari polres setempat. Sebagian paus juga sudah dievakuasi.

“Ukurannya ada yang kecil, ada yang sampai 5 meter. Tadi pagi sudah ada petugas dari BKSDA, sudah dievakuasi beberapa ekor," sambungnya.

Rois menyebut, penyebab kawanan paus itu terdampar lantaran terlalu lama berada di perairan dangkal saat pasang. Ketika air laut surut dan terseret arus, kawanan itu terdampar di bibir pantai.

Menurutnya, warga Kampung Baton, Desa Patereman, Kecamatan Modung langsung mengabadikan momen sekawanan paus jenis tombak yang menyasar perairan setempat dan mengunggahnya ke media sosial.

Beruntung, warga yang berbondong-bondong menyaksikan kawanan paus yang terseret arus itu tidak menangkap mamalia laut tersebut.

Rois menjelaskan, pada kamis malam masyarakat sekitar juga berupaya mengembalikan mamalia yang tergolong dalam Subordo Paus Belin itu ke perairan yang lebih dalam. Namun, hal tersebut sia-sia lantaran ukuran dan bobot paus lebih besar dibanding sekumpulan warga yang hendak mengevakuasinya.

"Sempat didorong ke tengah laut oleh warga dan dibantu aparat kepolisian dari Polsek Modung agar tidak terdampar," tandasnya.(Praditya Fauzi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar