>

Tol Japek Terdampak Banjir, Jasa Marga Berlakukan Contraflow 7 Kilometer

  Sabtu, 20 Februari 2021   Husnul Khatimah
Kendaraan menerjang banjir di Km 19 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (20/2/2021).[Dok/Jasa Marga]

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Jasa Marga memberlakukan contraflow di Km 21 sampai dengan Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Hal tersebut disebabkan karena Km 19 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta banjir.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, Km 19 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta banjir akibat luapan Kali Jambe di Bekasi Timur.

"Untuk mencairkan kepadatan yang terjadi menuju lokasi terdampak genangan, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 21 sampai dengan Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 15.00 WIB," kata Heru melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/2/2021).

Dia menerangkan, saat ini genangan di Km 19 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta terpantau berada di bahu jalan, lajur 1 sampai lajur 3.

"Hanya lajur 4 yang dapat dilintasi oleh kendaraan. Rest Area Km 19 arah Cikampek masih dilakukan penutupan," ujarnya.

Hingga saat ini, kata Heru, Jasa Marga juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi genangan, memfungsikan satu unit pompa yang juga bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dengan kapasitas 500 liter/menit serta membuat tanggul untuk menahan aliran air Kali Jambe.

Sementara itu, untuk ruas jalan tol lainnya tercatat sebanyak 5 titik banjir di Jalan Tol Jasa Marga Group yang masih dilakukan penanganan hingga pukul 15.30 WIB.

Berikut 5 Titik Banjir di Tol Jasa Marga Group:
JALAN TOL JAKARTA-TANGERANG

- Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1. L2 dan L3 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.
- Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1. L2 s.d L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.
- Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan dikeluarkan melalui GT Cikupa.

JALAN TOL JAGORAWI
- Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA
- KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar