>

Hasil Liga Inggris: Kalah Lagi, The Reds Keok 0-2 dari Everton di Anfield

  Minggu, 21 Februari 2021   Budi Cahyono
M Salah mengontrol bola dalam pertandingan lawan Everton, Minggu (21/2/2021), dini hari WIB. (Twitter Liverpool)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Liverpool belum bisa beranjak dari fase minor di kompetisi domestik. Dalam lanjutan Liga Primer Inggris, The Reds kembali keok 0-2 saat menjamu Everton di Stadion Anfield, Minggu (21/2/2021) dini hari WIB.

Laga bertajuk derby Marseyside berlangsung ketat. Everton unggul lewat gol cepat pada menit ke-3 melalui sepakan keras Richarlison usai lolos melewati jebakan offside para pemain belakang Liverpool.

Usai babak pertama ditutup dengan keunggulan Everton 0-1. Tim tamu menggandakan keunggulan mereka di babak kedua lewat penalti Gylfi Sigurdsson pada menit ke-83.

Jadilah Everton menjadi pemenang dalam derby Marseyside dengan skor akhir 0-2.

Dengan kemenangan ini Everton menempel ketat Liverpool di klasemen sementara Liga Inggris. Kedua tim sama-sama mengumpulkan 40 poin.

Liverpool yang ada di peringkat keenam cuma unggul selisih gol, namun Everton menyisakan satu laga belum dimainkan.

Jalannya pertandingan

Kick off babak pertama ditiup wasit, kedua tim langsung bermain terbuka. Everton langsung menggebrak, upaya serangan di menit pertama berbuah tendangan sudut.

Laga baru berjalan tiga menit, Everton langsung unggul lewat kerjasama apik James Rodriguez dengan Richarlison. Umpan manis Rodriguez lewat sodorannya mengecoh para pemain belakang Liverpool.

Richarlison yang lolos jebakan offside dengan cerdik melepaskan tendangan kaki kanan mendatar yang tak bisa diadang kiper Allison Becker dan gol! The Toffees unggul 0-1.

Gol tersebut menyengat anak-anak Liverpool dengan berbalik menyerang total pertahanan Everton. Namun tim tamu tak kurang akal, mereka langsung menjaga tempo permainan dengan merapatkan barisan pertahanan sejak lini tengah.

Praktis, meski banyak menguasai bola, Liverpool amat kesulitan menembus ketatnya pertahanan lawan. Mohamed Salah yang biasa bermain cepat kini seperti mati kutu.

Begitu juga dengan Sadio Mane yang banyak beroperasi di sayap kiri, permainannya terlihat buntu.

Sementara Roberto Firmino yang diplot sebagai penyerang tengah juga setali tiga uang, dia amat jarang memperoleh peluang apik. Hanya di menit 19 sepakan kerasnya melambung tinggi di atas mistar gawang Everton.

Sementara upaya lain dari Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold juga hanya menerpa angin ketika mereka mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti Everton. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan sang tamu 0-1.

Babak kedua dimulai, Liverpool kembali memegang kendali permainan. Namun Everton juga makin memperketat pertahanan mereka. Dan lagi-lagi upaya serangan tuan rumah berakhir buntu.

Di menit 50, Sadio Mane memperoleh peluang, namun sundulan lemahnya tak terlalu mengancam, hanya melambung di atas mistar gawang Everton.

Terus ditekan, Everton sesekali mendapatkan momentum serangan balik. Di menit 64, Sigurdsson melepaskan tendangan keras, namun masih bisa diantisipasi Alisson.

Petaka bagi Liverpool kembali datang di menit 80. Bermula dari sebuah skema serangan balik, Richarlison mengirim bola ke Dominic Calvert-Lewin, ia kemudian mengakhirinya dengan sebuah tendangan keras yang bisa ditepis Alisson.

Bola muntah disambut kembali oleh striker Timnas Inggris itu, namun Trent Alexander-Arnold mencoba menjegalnya di situasi 50-50. Wasit akhirnya menunjuk titik putih usai melihat rekaman ulang VAR.

Gylfi Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor dengan dingin menaklukan Alisson lewat sepakan mendatarnya ke sisi kanan gawang Liverpool dan gol! Everton menjauh jadi 0-2.

Enam menit menjelang waktu normal babak kedua, Liverpool mengurung habis pertahanan Everton. Sayang beberapa upaya dari Firmino, Salah maupun Mane tak ada yang berhasil membuahkan gol.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar