>

Dilengkapi Alat Canggih, Rumkitlap Covid-19 Benteng Vastenburg Solo Siap Beroperasi

  Rabu, 24 Februari 2021   Budi Cahyono
Simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vastenburg Solo, Rabu (24/2/2021). (Ayojakarta/Budi Cahyono)

SOLO, AYOJAKARTA.COM  – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari meresmikan operasional Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Covid-19 yang berlokasi di Benteng Vastenburg Solo, Rabu (24/2/2021).

Hadir dalam peresmian Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Yulianto Prabowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kajati Jateng Priyanto, Danrem 074/Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar, dan Plh Wali Kota Surakarta Ahyani.

Dalam peresmian itu juga digelar simulasi penanganan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mulai dari penanganan di IGD, perawatan, hingga proses dekontaminasi pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

Rumah sakit lapangan yang digagas Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk menangani pasien Covid-19 sehingga sudah bisa digunakan untuk penanganan Covid-19.

Dalam keterangannya ke media, Pangdam mengemukakan rumahs akit tersebut merupakan kontribusi bersama untuk masyarakat Solo Raya dan Jawa Tengah.

Keberadaan rumah sakit lapangan ini diharapkan bisa membantu dalam penanganan Covid-19.

"Saat ini kita tahu masih dalam masa pandemi. Tapi, alhamdulillah kasus Covid-19 di Jawa Tengah sudah berangsur-angsur menurun. Kami, TNI bersama Polri dan pemerintah daerah akan terus memberikan pelayanan dan inovasi ke masyarakat,” urainya.

Pangdam menambahkan, selain digunakan merawat pasien Covid-19, rumah sakit tersebut juga memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama untuk tenaga kesehatan.

Peralatan yang digunakan dalam rumkitlap tersebut berbeda dengan rumah sakit pada umumnya, karena semua alat kesehatan bisa dipindahkan atau portabel.

“Alat-alat portabel ini bisa digunakan untuk keadaan darurat. Kami berharap, masyarakat bisa berkontribusi positif misalnya kalau ada yang bergejala atau perlu penanganan jangan sungkan-sungkan berkoordinasi agar bisa segera tertangani dengan baik," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, nanti pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah maupun kota terkait rencana pelaksanaan vaksinasi massal di area Benteng Vastenburg.

"Untuk mendukung program pemerintah, ke depan rumkitlap ini bisa untuk vaksinasi massal,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Kajati Jateng Priyanto berkesempatan melakukan tes swab di mobil yang sudah tersedia.

Hasil swab bisa diketahui setelah 30 menit kemudian. Dari hasil swab tersebut, diketahui Kapolda dan Kajati negatif Covid-19.

Diketahui, sarana prasarana Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo ini dilengkapi alat-alat canggih dan tenaga kesehatan (nakes) terlatih. Ruangan perawatan berupa tenda-tenda yang memiliki fasilitas pendingin ruangan layaknya di rumah sakit pada umumnya.

Pendukung lainnya yakni dilengkapi tiga unit mobil ambulans, truk pengangkut dan sistem air untuk minum, dan toilet protabel.

Rumkitlap di Solo merupakan yang ketiga didirikan TNI AD. Sebelumnya di Sulawesi Barat untuk penanganan bencana alam, kemudian Rumah Sakit Darurat (RSD) Gatot Subroto Jakarta khusus penanganan Covid-19.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar