>

Kartu Prakerja Gelombang 12: Pesan Broadcast Hoaks Kembali Beredar! Jangan Terkecoh dan Jangan Masukkan Data Diri Sembarangan!

  Jumat, 26 Februari 2021   Icheiko Ramadhanty
waspada hoaks kartu prakerja. (Dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pesan berantai yang berunsur hoaks melalui WhatsApp terkait pembukaan gelombang 12 Kartu Prakerja kembali beredar. Hal ini bukan pertama kalinya, karena sejak Kartu Prakerja di buka pada 2020 lalu, pesan serupa juga banyak ditemukan.

Dalam pesan tersebut, peserta diminta untuk mendaftar ke link yang bukan merupakan situs resmi Prakerja yaitu www.prakerja.go.id. Adapun, format pesan hoaks tersebut sebagai berikut:

“*Gelombang 12 Resmi Dibuka*

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja. Kartu Prakerja adalah program *pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya* yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar prakerja

1. Kunjungi situs http://prakerja12.net/?v=gelombang12

2. Isi formulir data diri

3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

4. Bantuan akan dikrim melalui rekening

*Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota*”

Masyarakat dihimbau untuk tidak memasukkan data diri ke dalam link yang bukan situs resmi. Hal ini guna menghindari adanya penyalahgunaan data atau jenis penipuan lain.

Kartu Prakerja gelombang 12 telah resmi ditutup pada hari ini pukul 12.00 WIB. Nantinya, 600 ribu peserta yang berhasil lolos berhak mendapatkan insentif sebesar Rp3,55 juta. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar