>

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12: Begini Cara Manajemen Pelaksana Tentukan Kamu Lolos atau Tidak!

  Sabtu, 27 Februari 2021   Icheiko Ramadhanty
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12: Begini Cara Manajemen Pelaksana Tentukan Kamu Lolos atau Tidak!

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja membeberkan cara kerja mereka dalam menentukan pendaftar yang berhak lolos atau tidak untuk menjadi penerima Kartu Prakerja. Seperti yang diketahui, gelombang 12 sudah resmi ditutup pada Jumat (26 Februari 2021) pukul 12.00 WIB.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menuturkan bahwa pihaknya hanya mengacu pada Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari masing-masing pendaftar Kartu Prakerja.

Mulanya, Manajemen Pelaksana akan mensortir kelompok-kelompok yang masuk dalam daftar hitam penerima insentif Kartu Prakerja berdasarkan NIK. Kelompok-kelompok tersebut antara lain PNS, pegawai BUMN/D, pejabat negara, penerima bantuan sosial lainnya, dan orang ketiga dalam satu nomor Kartu Keluarga (KK) yang telah menerima Kartu Prakerja 2020.

“Jadi kita ceknya dengan NIK aja. Mereka yang bukan kelompok itu, yang betul-betul eligible, kami kemudian lakukan randomisasi untuk kemudian dipilih 600 ribu. Nanti jika tidak lolos, bisa daftar di gelombang 13,” ujar Denni dalam konferensi persnya, Jumat (26/2/2021).

Denni mengatakan pihaknya bekerjasama dengan kementerian/lembaga terkait yang mempunyai data terkait kelompok-kelompok daftar hitam dan prioritas. Dia juga menegaskan pada posisi ini, pihaknya hanya menjadi pelaksana, bukan pihak yang melakukan verifikasi ataupun validasi terkait keputusan lolos atau tidaknya suatu peserta.

“Jadi nanti apabila tidak menerima (lolos) Kartu Prakerja, maka sekali lagi teman-teman bisa melakukan pengecekan dengan kementerian/lembaga yang menyediakan atau menjadi sumber dari NIK tersebut,” tutur Denni.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar