--> -->

Kalau Warga Indonesia Disuntik Vaksin Corona 2 Dosis, Amerika Cuma 1 Dosis Lho!

  Senin, 01 Maret 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi vaksin Covid-19 / Pixabay

WASHINGTON, AYOJAKARTA.COM - Setelah Prancis menggunakan satu dosis vaksin Covid-19 untuk penyintas atau orang yang sudah sembuh dari Covid-19. Kini Amerika Serikat (AS) menyetujui penggunaan serupa. 

Satu dosis vaksin Covid-10 disebut sebagai sebuah terobosan yang sangat berarti dalam program vaksinasi Covid-19. Khususnya vaksin satu dosis akan membantu petugas kesehatan lebih mudah mengatur logistik untuk masyarakat.

Pasalnya beberapa kelompok masyarakat seperti pelaut, atau orang yang di penampungan tunawisma tidak mudah untuk kembali dalam 2 hingga 3 minggu untuk disuntik vaksin dosis kedua.

Mengutip Metro, Senin (1/3/2021) adapun jenis vaksin yang digunakan satu dosis ini diproduksi Johnson and Johnson (J&J) yang dianggap ampuh melawan virus corona strain baru yang menyebar di Afrika Selatan.

Vaksin ini juga disebut bisa mengurangi risiko dirawat di rumah sakit dan turunkan risiko kematian akibat Covid-19.

Dalam uji cobanya, vaksin ini disuntikkan kepada 44.000 orang di Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan Amerika Latin. Hasilnya di AS terbukti punya efikasi 72 persen, dan secara global 66,1 persen.

Vaksin J&J ini juga sudah mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat atau FDA.

"Satu dosis akan membuat Anda tidak dirawat di rumah sakit, dan kurangi risiko dirawat di ICU, dan kurangi risiko tidur di ruang jenazah," terang Penasihat FDA, Dr. Paul Offit.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar