>

Setahun Pandemi, Anak Covid-19 Asal Inggris Resmi Terdeteksi di Indonesia! Hati-hati, Penularan Lebih Tinggi!

  Selasa, 02 Maret 2021   Icheiko Ramadhanty
ilustrasi (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Hari ini Selasa (2/3/2021) tepat satu tahun Indonesia mengkonfirmasi adanya temuan pertama dari virus Corona atau Covid-19. Covid-19 pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan Provinsi Hubei Cina, pada akhir 2019.

Setahun pandemic tinggal di Indonesia, kini kabar mengejutkan di hari yang sama kembali terjadi. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengkonfirmasi bahwa kasus mutasi virus corona asal Inggris, kini ditemukan di Indonesia.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," jelas Dante yang disiarkan di kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” lanjutnya.

Dengan ditemukannya mutasi virus Corona yang penularannya lebih tinggi ini, Dante menilai Indonesia akan semakin kesulitan dalam menghadapi pandemi yang semakin berat.

"Dari 462 yang sudah kita cek di seluruh Nusantara dalam beberapa bulan ini, kita sudah menemukan dua kasus (mutasi) tadi malam," ungkapnya.

"Dan refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat, model-model penanganan yang lebih baik, studi-studi epidemiologis secara analitik. Karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” kata Dante.

Sejauh ini, Indonesia tercatat telah mengkonfirmasi kasus virus Corona mencapai 1.341.314 kasus. Rekor kasus tertinggi di Indonesia terjadi pada 14.518 kasus. Rekor tersebut dihasilkan dengan jumlah sampel 70.026.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar