>

Virus Corona B117 dari Inggris Ada di Karawang, Warga Bekasi Diminta Waspada

  Rabu, 03 Maret 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi Covid-19 / Pixabay

BEKASI, AYOJAKARTA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumnkan bahwa virus corona B117 yang berasal dari Inggris, ditemukan di Karawang. Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mengimbau masyarakat untuk waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Maniarti mengatakan, masyarakat diharapkan selalu menerapkan protokol kesehatan. Hal itu perlu dilakukan sebagai salah satu upaya antisipasi penyebaran virus corona B117.

Lebih lanjut, Sri Enny mengatakan, bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi juga diharapkan agar mewaspadai hal-hal yang berkaitan dengan penyakit tersebut.

"Masyarakat diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan secara baik dan benar. Mewaspadai hal-hal yang mungkin ada terkait penyakit yang dimaksud,' katanya kepada Suara.com - jejaring Ayojakarta.com, Rabu (3/3/2021).

Sri Enny kemudian menjelaskan terkait dengan hal-hal yang perlu diwaspadai tersebut.

"Kan kasus Covid-19. Nanti terkonfirmasi di RS kalau mengarah ke tipe virusnya. Semua yang bergejala dan ada kontak erat atau dari daerah endemis kecurigaan Karawang misalnya, akan kita telusur," ujarnya.

Sebelumnya, virus corona B117 ditemukan di Karawang, Jawa Barat. Hal itu sampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Untuk mengantisipasti penyebaran, SatgasĀ COVID-19Ā melakukan pelacakan lebih jauh.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang," ujar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Ridwan Kamil sudah meminta Universitas Padjajaran untuk menindaklanjuti temuan virus corona B117 dengan penelitian lebih lanjut. Salah satunya soal sifat virus corona B117 dan perlakuan untuk pencegahan.

"Apakah sama perlakuan 3M dan 3T ini? kami mohon agar ada penelitian, sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespon dengan cara terukur," ujar Ridwan Kamil.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar