>

Gelombang 13 Kartu Prakerja: Akhirnya Resmi Dibuka Jam 12 Siang Ini, Kuota untuk 600 Ribu Orang

  Kamis, 04 Maret 2021   Icheiko Ramadhanty
Kartu Prakerja (dok. istimewa)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Penantian masyarakat terkait kapan dibukanya gelombang 13 Kartu Prakerja akan terjawab. Hari ini, Kamis (4/3/2021), gelombang 13 akan resmi dibuka pada pukul 12.00 WIB.

"Gelombang 13 akan dibuka hari ini, 4 Maret, jam 12.00 WIB dengan kuota 600.000," ujar Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Ayojakarta, Kamis (4/3/2021).

Nantinya, pendaftar yang lolos, berhak mendapatkan insentif uang tunai sebesar Rp 3.55 juta dari program Kartu Prakerja.

Rincian insentif sebesar Rp 3.55 juta yaitu Rp 1 juta untuk pembelian pelatihan (tidak dapat dicairkan), Rp 600 ribu selama 4 bulan yang akan dicairkan ke rekening masing-masing setelah menyelesaikan pelatihan, menerima sertifikat, dan memberikan rating atau ulasan, dan Rp 150 ribu untuk insentif survei, yang juga akan masuk ke rekening masing-masing.

Sebelumnya, ada banyak peserta gagal di gelombang-gelombang sebelumnya. Hal ini membuat Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja membeberkan alasannya. 

Setidaknya dalam satu hari pada masa pembukaan gelombang 12 lalu, kurang dari 7% pendaftar mempunyai masalah yang sama dalam pengisian persyaratan di dashboard peserta.

Masalah tersebut terkait unggahan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Seperti yang diketahui, salah satu syarat untuk mendaftar Kartu Prakerja di laman resmi prakerja.go.id adalah dengan meng-upload KTP.

Nantinya, data yang ada di dalam KTP akan disesuaikan dengan data dari kementerian/lembaga, dimana pada tahap ini sangat menentukan peserta lolos atau tidaknya.

Lalu, bagaimanakah cara untuk menggunggah KTP di laman Kartu Prakerja yang baik dan benar? Berikut Ayojakarta rangkum tipsnya:

1. Foto KTP dengan pencahayaan yang cukup (tidak ada bayangan yang tertangkap kamera)

2. Potong file foto KTP dengan menyisakan bagian atas, bawah, kanan, kiri (agar diperlihatkan sisi dari tempat mengambil foto)

3. Jangan memotong file foto KTP mengikuti bentuk KTP

4. Sesuaikan ukuran file foto KTP dengan yang ditentukan

5. Jika ukuran file foto KTP lebih besar, agar mengubah ukuran terlebih dahulu (compress foto).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar