>

Serukan Nonton di Rumah, The Jak Antusias Sambut Piala Menpora 2021

  Kamis, 04 Maret 2021   Budi Cahyono
Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno (dok pribadi)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kick-off turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada Minggu (21/3/2021).

PSSI memilih Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah sebagai venue pembukaan turnamen yang dijadikan tolok ukuran pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di sepak bola Tanah Air yang sudah berhenti selama setahun karena pandemi Covid-19.

Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno, menyambut antusias Piala Menpora 2021 sebagai momentum kebangkitan Indonesia menghadapi Covid-19.

“The Jak pada dasarnya mendukung sepak bola digelar kembali. Selanjutnya mengenai tahapan-tahapan regulasi dan sebagainya, kami masih menunggu. Yang jelas pertandingan turnamen pramusim tidak ada penonton, lalu seperti apa jika nonton bareng (nonbar) atau di rumah, kami masih menunggu regulasinya,” ucap Diky saat dihubungi Ayojakarta, Kamis (4/3/2021).

Menanggapi pernyataan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Indonesia Police Watch (IPW) yang tidak setuju jika sepak bola kembali menggeliat.

Persoalan itu, Diky dengan bijak mengemukakan jika IDI dan IPW memiliki argumennya masing-masing yang berpendapat jika izin diberikan Polri akan menimbulkan klaster baru di sepak bola.

AYO BACA : Kota Solo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Menpora, Gibran: Kami Sangat Siap!

“Kalau kami sebagai suporter melihatnya ke arah penonton atau fans yang menginginkan bisa menyaksikan tim kesayangan bertanding, walaupun dari rumah dengan cara apa pun. Kami akan patuh pada peraturan atau regulasi yang sudah ditetapkan Menpora, PSSI, LIB, Satgas Covid-19, maupun Polri,”urainya.

Penerapan protokol kesehatan (prokes) menurut Diky sudah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan tinggal diikuti agar lebih baik dan sepak bola kembali berjalan.

Dia mengimbau kepada The Jak di seluruh Indonesia agar tetap mematuhi dan mendukung Persija Jakarta dari rumah saja, tidak datang ke stadion sesuai dengan komitmen bersama.

“The Jak ikuti aturan yang ada saja, karena setipa daerah punya karakter masing-masing. Ada satu daerah yang masih ketat karena angka Covid-19 tinggi, tetapi ada yang longgar seperti Sumatera, Kalimantan dan daerah lainnya. Dukung Persija dari rumah saja, demi kebaikan sepak bola Indonesia,” ucapnya.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 direncanakan mulai 21 Maret dengan empat daerah sebagai tuan rumah venue, seperti Bandung, Sleman, Solo, dan Malang.

Piala Menpora juga sebagai tolok ukur berlangsungnya prokes ketat di dunia olahraga sekaligus untuk persiapan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang direncanakan bergulir setelah Idulfitri.

AYO BACA : Polri Beri Lampu Hijau Kompetisi IBL Bergulir 10 Maret

Diberitakan sebelumnya, tokoh suporter Persis Solo Aulia Haryo Suryo bersuara lantang menentang pernyataan IDI dan IPW yang tak setuju sepak bola kembali menggeliat.

Komit Prokes

Mantan Presiden Pasoepati itu mengatakan para suporter di Indonesia tetap berkomitmen dengan imbauan dari Polri, PSSI, juga Menpora untuk tidak datang ke stadion.

“Kami sudah berkomunikasi dengan antarsuporter di Indonesia, untuk komit tidak datang ke stadion dan mendukung tim kesayangan kami dari rumah,” tegas Rio, sapaan karib Aulia, Rabu (3/3/2021).

Pernyataan Rio ini mendapatkan reaksi dari kalangan suporter dan pecinta sepak bola Tanah Air. Di Instagram @gue_persija, statemen Rio yang dilansir Ayosemarang.com tersebut mendapatkan sambutan positif dan sudah di-like lebih dari 6.000 akun dengan ratusan komentar.

Rio menambahkan, komitmen dari suporter Tanah Air ini jangan lagi diprovokasi seolah-olah masih ada kekhawatiran seperti yang dilontarkan IDI dan IPW.

“IDI dan IPW jangan menebar ketakutan, tapi berilah solusi bahwa sepak bola itu menghidupi banyak orang. Kami juga ingin membuktikan bahwa aktivitas sepak bola bisa berjalan dengan mematuhi prokes secara ketat,” urainya.

“Jika IPW hanya bisanya mengancam dan menakut-nakuti tanpa solusi, maka kami meminta agar hal seperti ini ditertibkan dan diamankan, sebab justru menimbulkan keresahan dan kegaduhan,” tambahnya.

Dia menguraikan, organsiasi suporter siap beradaptasi dengan protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk memulai kembali kompetisi dengan memulai turnamen pramusim.

AYO BACA : Timnas U-23 Gagal Uji Coba, dr Tirta: Sinetron yang Viral Aja Emak-emak pada Nonbar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar