>

Kontak Erat TKI Pembawa Virus Varian Baru di Jateng Jalani Tes dan Isolasi

  Kamis, 04 Maret 2021   Budi Cahyono
ilustrasi Corona B117 (dok)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan TKI yang membawa varian baru virus corona B117  Inggris di Brebes saat ini sudah menjalani isolasi mandiri.

Setidaknya 8 orang yang memiliki kontak erat juga sudah diisolasi di rumahnya dengan pengawasan ketat.

Mereka pun sudah diambil sample darahnya dan pengujian dilakukan di Jakarta.

AYO BACA : Ini 8 Ciri Terinfeksi Virus Corona B117 yang Katanya Lebih Cepat Menular

“Sudah saya cek tadi, sudah dilakukan tracing kurang lebih ada 8 orang yang berhubungan erat dan sudah dites semuanya pagi tadi dan hasilnya dikirim langsung ke Jakarta sehingga nanti kita akan nunggu hasilnya beberapa hari lagi,” ujarnya, Kamis (4/3/2021).

Dia mengatakan bahwa mereka saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Isolasi juga dijaga dengan ketat. Namun dirinya berharap, mereka bisa dipindahkan ke tempat isolasi yang terpusat.

“Syukur-syukur kalau mau, mereka nanti dipindahkan ke tempat isolasi yang terpusat, tadi saya juga sudah kontak dengan Sekda Brebes dan sudah diberikan laporan semuanya,” katanya.

AYO BACA : Satgas IDI: Vaksin Sinovac Belum Terbukti Bisa Lawan Varian Baru Corona B117

Ia mengatakan, dirinya langsung berkomunikasi dengan Sekda Brebes saat kabar ini muncul. Pihaknya menegaskan agar Satgas COVID-19 di Brebes mempercepat proses tracing dan memastikan mereka yang kontak erat langsung diisolasi.

“Untuk sementara kita karantina yang betul-betul mereka tidak berhubungan dengan orang lain sambil dipantau. Tapi nggak perlu ditakut-takuti, yang penting dipantau saja dibantu segala sesuatunya agar nyaman,” ujarnya.

Gubernur mengimbau agar masyarakat tak hanya di Brebes tetap menjaga kedisiplinan protokol kesehatan. Sehingga, penularan dapat dicegah sembari percepatan proses vaksinasi pada lansia yang beresiko tinggi terpapar.

“Masyarakat tetap jaga protokol kesehatan, dan mereka yang lansia ada kesempatan sekarang vaksinasi segera daftar agar bisa lebih cepet mereka mendapatkan vaksinasi sehingga setidaknya itu bisa memperkuat daya tahan tubuhnya. Tapi apa pun yang terjadi juga itu mesti dipantau terus menerus,” tandasnya. (Afri Rismoko)

AYO BACA : Ariza Sebut B117 Cepat Menular tapi Tidak Mematikan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar