>

Aturan Baru Naik Kereta Api Bagi Anak-anak, Simak Yuk!

  Jumat, 05 Maret 2021   Aini Tartinia
Aturan Baru Naik Kereta Api Bagi Anak-anak

TEBET, AYOJAKARTA.COM - PT Kerata Api Indonesia (KAI) memberikan informasi terkait aturan baru bagi masyarakat yang hendak bepergian menggunakan kereta api.

Termasuk aturan baru kereta api yang mengadaptasi dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19, salah satunya regulasi penerapan tes rapid atau PCR Covid-19 untuk anak-anak.

Informasi ini disampaikan PT KAI dalam unggahan akun Instargam @kai121_ pada, Rabu (3/3/2021). 

"Perubahan regulasi angkutan penumpang dengan moda angkutan kereta api, memang relatif cepat," tulis KAI seperti dikutip Ayojakarta, Kamis (4/3/2021).

Perlu ketahui oleh publik, saat ini KAI mengacu pada SE No. 20 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Regulasi yang berlaku terhitung mulai tanggal 9 Februari 2021 hingga hari ini.

Terdapat beberapa perbedaan mendasar dengan Surat Edaran (SE) sebelumnya, berikut ulasanya:

1. Pada SE No 11 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan yang berlaku pada 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021 menyatakan:

a. Anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan untuk menyertakan hasil tes RT-PCR/ rapdi test amtigen sebagai syarat perjalanan.

b. Tidak diatur masa berlaku hasil pemeriksaan.

2. Sedangkan dalam SE No. 20 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan yang berlaku pada 9 Februari 2021 sampai ada aturan baru diterbikan, menyatakan:

- Anak di bawah umur lima tahun, tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR/ rapid test anti gen/ GeNose test sebagai syarat perjalanan.

- Masa berlaku khusus selama libur panjang atau libur keagamaan, pelaku perjalanan KA Antarkota wajib telah melakukan RT-PCR/ rapid test antigen/ GeNose test.

- Sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar