>

Kini Video Call dan Panggilan WhatsApp Bisa Menggunakan PC dan Laptop, Begini Caranya!

  Senin, 08 Maret 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Ada beberapa cara untuk berbicara dengan kontak WhatsApp di desktop atau PC. Salah satunya adalah melalui aplikasi WhatsApp khusus untuk desktop, sedangkan yang lainnya adalah emulator Android.

Untuk aplikasi desktop WhatsApp, perusahaan baru-baru ini meluncurkan fitur panggilan suara dan video ke aplikasi desktopnya yang hampir berusia lima tahun. Aplikasi ini hanya mendukung panggilan suara dan video terenkripsi end-to-end untuk panggilan individual atau one to-one untuk saat ini.

Berdasarkan laporan, WhatsApp akan menambahkan fitur panggilan suara dan video grup WhatsApp untuk desktop.

Dilansir dari 91mobiles, Minggu (7/3), ada cara melakukan panggilan suara menggunakan aplikasi desktop WhatsApp.

  1. Unduh dan instal aplikasi desktop WhatsApp di laptop/PC Windows atau Mac

  2. Buka aplikasi dan pindai kode QR menggunakan ponsel cerdas. Setelah terhubung, buka obrolan WhatsApp apa pun dan cari ikon panggilan suara.

  3. Klik di atas dan izinkan WhatsApp mengakses mikrofon komputer untuk berbicara dengan kontak Anda dari desktop.

  4. Cara melakukan panggilan video WhatsApp di laptop adalah melakukan panggilan video ke kontak WhatsApp menggunakan aplikasi desktop hampir sama dengan melakukan panggilan suara.

  5. Setelah masuk ke aplikasi desktop WhatsApp, buka obrolan dan pilih ikon panggilan video.

  6. Izinkan komputer mengakses webcam serta mikrofon, dan panggilan Anda akan dilakukan. Ingat seseorang hanya dapat memanggil satu kontak WhatsApp dalam satu waktu.

  7. Sebuah jendela kecil, yang menunjukkan status panggilan akan muncul di layar Anda. Anda dapat menyeret di sekitar jendela di mana saja di layar dan menggunakan opsinya untuk memutuskan panggilan, mengalihkan panggilan dari video ke suara atau sebaliknya dan menyesuaikan pengaturan.

  8. Fitur chat akan tetap aktif meskipun Anda sedang menelepon.

    Untuk mengingatnya, fitur panggilan suara dan video grup melalui aplikasi desktop WhatsApp belum tersedia. Tidak masalah apakah nomor ponsel Anda memiliki paket aktif atau tidak. Selama ponsel dan desktop Anda terhubung ke internet aktif, Anda akan dapat melakukan atau menerima panggilan suara dan video WhatsApp menggunakan laptop atau PC Windows dan Mac Apple.

  9. Cara lain yang sudah disebutkan tadi adalah emulator Android. Berbeda dengan aplikasi desktop WhatsApp, pengguna juga dapat melakukan obrolan suara grup menggunakan alat ini. Emulator Android menawarkan pengalaman WhatsApp yang sama dengan yang pengguna dapatkan di aplikasi seluler.

Satu-satunya kekurangan alat ini adalah perpesanan sosial belum memiliki dukungan multi-perangkat. Pengguna akan keluar dari ponsel cerdas segera setelah mereka masuk ke WhatsApp di desktop menggunakan emulator.
 
Dalam prosesnya, pengguna mungkin kehilangan beberapa data.
 
Berikut cara membuat panggilan suara dan video WhatsApp di PC. Setelah mengunduh emulator Android-Bluestacks, misalnya- di PC Anda, buka Play Store dan unduh WhatsApp.
 
Buka WhatsApp dan masuk dengan nomor ponsel Anda, seperti yang Anda lakukan di smartphone Anda. Setelah pengaturan selesai, buka obrolan atau grup dan tekan ikon panggilan suara serta panggilan video dari panel atas.

Izinkan komputer mengakses mikrofon atau kamera web, jika diperlukan. Sekarang Anda dapat berbicara dengan kontak WhatsApp Anda dari desktop.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar