>

Ada Pasar Cabai Murah Lho di Jabodetabek, Begini Cara Belinya!

  Selasa, 09 Maret 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi cabai merah / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Harga cabai rawit merah memang merangkak naik dalam beberapa minggu terakhir. Inilah yang membuat Kementerian Pertanian melalui Pasar Mitra Tani (PMT) Badan Ketahanan Pangan (BKP) melakukan gelar pasar cabai murah. 

Gelar Pangan Murah (GPM) yang akan menjual cabai dengan harga yang murah di bawah harga pasaran saat ini, dan sudah dimulai sejak 7 Maret 2021 lalu.

"Gelaran cabai rawit murah ini merupakan agenda jangka pendek kita untuk memudahkan masyarakat mengakses cabai yang murah, serta untuk menstabilkan pasokan dan harga cabai di pasaran, khususnya di wilayah Jabodetabek," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi berdasarkan keterangan pers, Selasa (9/3/2021).

Kegiatan pasar murah ini rencananya akan digelar di 57 titik di wilayah Jabodetabek, baik di PMT Pasar Minggu dan Bogor, Pasar tradisional di Jabodetabek, serta di Kantor Kelurahan dan Rusun di DKI Jakarta.

Pasar ini juga akan digelar setiap hari di sebanyak 7 titik selama 2 hari berturut-turut.

"Kegiatan ini akan terus kita lakukan hingga akhir Maret, atau sampai harga kembali normal." terang Agung.

Dalam praktiknya, pasar murah ini juga bekerja sama dengan Pasar Mitra Tani (PMT) yang ada di seluruh Indonesia. Selain cabai, PMT juga menyediakan komoditas pangan pokok lainnya dalam gelaran pangan murah, seperti beras segar, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula pasir, minyak goreng, dan telur ayam ras.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri mengungkapkan, pihaknya mendapatkan pasokan cabai rawit dari petani cabai di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dalam GPM kali ini, cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 76 ribu per kilogram, jauh di bawah harga cabai di pasaran saat ini yang mencapai di atas Rp 100 ribu per kilogram.

“Selain melakukan penjualan langsung di PMT, kita juga menggencarkan penjualan online yang bekerja sama dengan jasa pelayanan penjualan dan pengantaran online seperti GoFood, GoMart, GrabMart, dan Mitra Bukalapak,” ujar Risfaheri.

“Kita juga bahkan sudah punya aplikasi belanja daring bernama PasTani, jadi masyarakat bisa berbelanja online melalui aplikasi tersebut,” pungkasnya.

Ada lokasi detail Pasar Mitra Tani yang menjual cabai rawit hanya Rp 38 ribu per setengah kilogram periode 8 hingga 30 Maret 2021, sebagai berikut:

  1. Pasar Mitra Tani Pasar Minggu, Jalan Raya No.7P, Depan SMA 28, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.
  2. Pasar Mitra Tani Bogor, Jalan Tentara Pelajar No.1 Cimanggu Bogor.
  3. Pasar Mitra Tani Depok, Jalan Meruyung Limo No. 9 Depan RSIA As-Syifa Depok.
  4. Pasar Mitra Tani Klender, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duran Sawit.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar