>

Resmi Dinyatakan Pria Tulen, Aprilia Manganang Akan Ganti Nama

  Rabu, 10 Maret 2021   Firda Puri Agustine
Aprilia Manganang / dok. Instagram

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Aprilia Manganang akan ganti nama setelah jadi pria. Dulunya Aprilia Manganang adalah wanita yang juga seorang tentara dan atlet Timnas Voli Putri Indonesia.

Sersan Dua Angkatan Darat Aprilia Manganang menentukan nama, dan akan berdiskusi dengan orangtuanya.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa saat menggelar konferensi pers di Mabesad TNI AD, Jakarta. Pengumuman Aprilia Manganang ganti kelamin dilakukan TNI AD setelah melakukan pemeriksaan terhadap Aprilia Manganang di Manado pada 3 Februari 2021.

Hasil pemeriksaan menunjukan hormon testosteron Manganang lebih tinggi. Dari rekam medis juga terungkap dirinya tidak memiliki alat reproduksi yang harusnya dimiliki wanita.

"Dari nama sebelumnya, nama yang baru nanti akan dipilih sendiri oleh Sersan Manganang dan orang tuanya," ujar Andika Perkasa dalam keterangan persnya.

"Dengan harapan setelah ini Sersan Manganang bisa menjadi seseorang yang ditakdirkan untuknya," lanjutnya.

Andika mengatakan bahwa pihak TNI AD saat ini berupaya untuk mengurus segala persyaratan yang dibutuhkan Manganang untuk berganti status. Tak hanya nama, tetapi juga jenis kelamin di kartu tanda penduduk (KTP).

"Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan apa yang diinginkan," kata Andika.

Kini, Aprilia masih menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto sembari menunggu operasi korektif yang kedua kalinya.

Sebelum pengumuman ini, Aprilia Manganang yang didiagnosis menderita penyakit Hipospadia, yakni kelainan di mana letak lubang kencing pada bayi laki-laki tidak normal, selalu hidup dibawah bayang-bayang stigma.

Saat aktif membela Timnas Voli Putri, tak sedikit orang yang meragukan perihal kewanitaannya.

Aprilia yang telah memutuskan pensiun dari dunia voli pada September 2020 lalu, mengaku senang dengan kabar ini. Dia sudah menunggu momen untuk mengungkapkan jati dirinya adalah lelaki tulen.

"Ini momen yang sangat saya tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini dan saya bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk pertemukan saya," kata Aprilia melalui video konferensi dari Mabes TNI AD.

"Saya terimakasih ke dokter yang sudah bantu saya, saya sangat bahagia selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya dan akhirnya tahun ini tercapai. Izin terimakasih bapak."

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar