Selain Perintah Salat, Ini Hikmah dari Isra Mir’aj Menurut Ustadz Yusuf Mansur

  Kamis, 11 Maret 2021   Eries Adlin
Selain Perintah Salat, Ini Hikmah dari Isra Mir’aj Menurut Ustadz Yusuf Mansur/republika.co.id

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Setiap bulan Rajab, umat Islam memperingati peristiwa penting, yakni perjalanan Nabi Muhammad yang dikenal Isra Mi'raj.

Pendiri Pesantren Daarul Quran Ustadz Yusuf Mansur (UYM) mengatakan banyak hikmah yang dapat diambil dari peristiwa Isra Mi'raj.

Selain mendapat syariat salat lima waktu, kita bisa mendapat peluang untuk mengisrakan dan mengmi'rajkan diri sendiri, yakni menaikkan dan memperluas perjalanan kehidupan.

“Isra Mi'raj selalu hanya untuk Nabi, padahal jika kita lihat dua ayat sebelum surat al-Isra’, di surat an-Nahl, bercerita tentang hamba yang sempurna. Ketika hamba itu sempurna, maka Allah akan isra dan mi'raj-kan yang ada pada surat al-Isra’ ayat 1,” kata Ustadz Yusuf kepada republika.co.id, Rabu (10 Maret 2021).

Oleh karena itu dalam ayat 1 surat al-Isra’ tidak harfiah dijelaskan sosok hambanya. Itulah yang membuka peluang dengan mendefinisi Isra Mi'raj tidak dengan definisi Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Adapun bunyi surat al-Isra ayat 1:

Sub-ānallażī asrā bi’abdihī lailam minal-masjidil-arāmi ilal-masjidil-aqallażī bāraknā aulahụ linuriyahụ min āyātinā, innahụ huwas-samī’ul-baīr.

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Ustadz Yusuf menjelaskan jika seseorang ingin mengubah hidupnya, misal ingin naik kedudukannya, coba menjadi hamba Allah. Yang menjadi masalah adalah masih banyak orang yang belum tentu menjadi hamba-Nya.

“Sementara kita salat masih bolong-bolong, mulut, hati, dan pikiran tidak dijaga. Itu semua jauh dari kesan hamba Allah. Gimana mau Allah Isra Mirajkan, kecuali kita menjadi hamba-Nya,” ujar dia.

Dia mengatakan dalam memperingati Isra Mi'raj, umat Muslim dapat mengambil hikmah dan ilmunya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga barokah dan selamat memperingati Isra Mi'raj. Ya Allah jadikan kami hamba-hamba-Mu sehingga bisa Engkau Israkan dan Mi'rajkan lebih luas lagi perjalanan kami menjadi berwarna dan lebih tinggi lagi secepat-cepatnya dan sebaik-baiknya,” kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar