>

Tempat Karaoke Beroperasi Selama PPKM, Disparekraf DKI: Harus Izin Dulu

  Jumat, 12 Maret 2021   Aini Tartinia
ilustrasi (dok)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Pemprov DKI Jakarta berencana membuka kembali tempat karaoke agar dapat beroperasi lagi setelah kurang lebih satu tahun tutup akibat adanya pandemi Covid-19.

Namun, kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kadis Parekraf), Gumilar Ekalaya, tempat karaoke tersebut mesti mengajukan surat permohonan pembukaan kembali usaha yang melampirkan standar operasional prosedur (SOP) dan protokol tempat karaoke masing-masing.

"Mereka harus mengajukan dulu permohonan untuk pembukaan kembali usahanya dengan melampirkan standar operasional prosedur (SOP) dan protokol sesuai dengan kondisi tempatnya masing-masing," ujarnya ketika dihubungi Ayojakarta, Jumat (12/03/2021).

Lanjutnya, ia menjelaskan fempat karaoke yang sifatnya di bawah satu naungan manajemen (grup), cukup hanya manajemen grup tempat karaoke tersebut yang mengajukan permohonan.

"Jadi ada beberapa yang memang bisa sekaligus (mengajukan permohonan) misalnya karaoke untuk satu manajemen nih, misalkan Inul ya. Inul kan ada banyak nih di Jakarta, enggak perlu satu-satu outlet yang mengajukan, cukup manajemen grupnya aja," ungkap Gumilar.

Nanti selanjutnya, akan diambil beberapa sampel dari sekian banyak tempat karaoke dalam grup tersebut untuk dicek kesiapan.

Setelah itu, nanti pihak dari manajemen grup karaoke, akan menginformasikan protokol yang telah dijelaskan ke cabang-cabang tempat karaokenya berada.

Tetapi, kalau tempat karaoke yang berdiri sendiri (stand alone), maka harus mengajukan permohonan secara sendiri pula.

"Jadi memang masih cukup (panjang). Kita lihat lah kondisinya seperti apa nanti. Jadi tidak mungkin juga karaoke dibuka serentak. Boleh, tapi tentunya nanti setelah mereka mengajukan, setelah mereka kita tinjau, setelah memang memenuhi syarat semuanya, dia boleh buka. Jadi step by step (bertahap) lah ya, tidak serentak semuanya boleh buka," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar