--> -->

Anggota Satpol PP dan PPSU Jaktim Gelar Latihan Evakuasi Korban Banjir

  Jumat, 12 Maret 2021   Aini Tartinia
Satpol PP dan PPSU gelar pelatihan evakuasi korban banjir/dok: Kominfotik Jakarta Timur.

CIPAYUNG, AYOJAKARTA.COM -- Jajaran Satpol PP Jakarta Timur menggelar pelatihan evakuasi korban banjir di Waduk Setu, Kelurahan Setu, Cipayung, Jumat (12/3/2021).

Bahkan, petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) juga ikut diberi pelatihan dalam upaya membantu warga.

Kasatpol PP Jakarta Timur, Budhy Novian mengatakan, pelatihan evakuasi korban banjir ini diikuti sebanyak 50 anggota dari tiga Kecamatan. Di antaranya, Satpol PP Kecamatan Cipayung, Kecamatan Makasar, dan Kecamatan Pulogadung, serta sejumlah personel PPSU Kelurahan Kayu Putih.

"Ini sekaligus evaluasi penyelamatan bencana banjir untuk tim Rescue Penyelamatan Bencana Banjir Satpol PP Kota Jakarta Timur," katanya, Jumat (12/3/2021).

Pihaknya sengaja menggelar pelatihan karena dalam setiap banjir besar personel Satpol PP termasuk petugas yang melakukan evakuasi warga korban banjir dari rumah ke posko pengungsian. Hal itu seperti yang dilakukan pada banjir akhir Februari bersama personel TNI-Polri, dan Damkar.

"Ini juga sebagai antipasi karena hingga kini Jakarta masih dilanda cuaca ekstrem sehingga dikhawatirkan terjadi banjir," ujarnya.

Budhy menambahkan, pelatihan meliputi operasional menggunakan perahu karet, menghadapi arus, hingga langkah mengevakuasi warga terseret arus.

Pihaknya juga sengaja memilih waduk Setu agar seluruh personel mendapat 'gambaran' lapangan saat banjir sehingga tidak gagap saat bertugas melakukan evakuasi.

"Dan pihaknya sengaja melibatkan petugas PPSU Kelurahan Kayu Putih karena di lokasi itu rawan banjir sehingga mereka nantinya juga bisa membantu evakuasi," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar