>

Sodetan Waduk Jakarta Garden City Diklaim Efektif Atasi Banjir di Cakung

  Senin, 15 Maret 2021   Aini Tartinia
Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat mengecek sodetan yang kini mulai digunakan/dok: Kominfotik Jaktim.

CAKUNG, AYOKAKARTA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur, terus mengejar pengerjaan pembangunan waduk Jakarta Garden City (JGC) di wilayah Cakung.

Sodetan penghubung waduk side B dan side C yang tengah dikerjakan, diharapkan dapat menyelesaikan banjir di permukiman warga di delapan RW.

Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, pengerjaan sodetan waduk tengah dikejar pihaknya untuk mengatasi banjir

Hal ini untuk menyelesaikan genangan yang terjadi pada Februari kemarin dan melanda permukiman warga Kecamatan Cakung.

"Sodetan dengan panjang berkisar 300-400 meter dan lebar berkisar 2 meter diharapkan mampu mengatasi genangan saat curah hujan tinggi," katanya, Minggu (14/3/2021). 

Dikatakan Anwar, dengan sodetan yang tengah dikerjakan itu diharapkan efektif karena mengalirkan air dari waduk side B-JGC ke waduk side C- JGC, lalu ke embung samping Kanal Banjir Timur (KBT).

Pengaturan debit air ini diklaim dapat mencegah banjir di RW 04, RW 06, RW 07, RW 08, RW 09 dan RW 12 Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung.

"Hal ini juga berdampak di lingkungan warga di RW 07 dan RW 10 Kelurahan Rorotan, Jakarta Utara yang lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Cakung," ujarnya.

Anwar menambahkan, pihak pengembang JGC sendiri juga sudah menyerahkan sodetan dari side B ke side C.

Pihaknya pun menyampaikan rasa terima kasih, karena ini program prioritas Pemerintah DKI Jakarta untuk penanganan banjir.

"Beberapa waktu lalu ketika hujan turun juga sudah dicoba dan hasilnya sangat efektif dan pemukiman aman dari genangan," ungkapnya.  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar