>

Ponselmu Hilang? Begini Cara Menemukannya dan Hapus Data dari Jarak Jauh

  Senin, 15 Maret 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi smartphone / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Ada banyak contoh ketika kehilangan ponsel Android, kita tidak dapat mengingat di mana terakhir menyimpannya. Ada kemungkinan dicuri atau tertinggal di lokasi yang jauh dari tempat kita berada.

Jika hanya tertinggal di satu tempat yang dekat dengan di mana kita berada, bisa menggunakan fitur Temukan Ponsel Saya di jam tangan pintar atau hanya meminta orang lain untuk meneleponnya.

Tetapi jika hilang di luar rumah kita, maka dibutuhkan sedikit bantuan ekstra. Untungnya, ada cara mudah untuk menemukan dan menemukan ponsel Android kamu dari jarak jauh, menguncinya, dan menghapus semua data jika diperlukan.

Google menawarkan proses sederhana di mana kamu dapat menemukan, mengunci, dan menghapus semua data di ponsel Android kamu.

Fitur 'Find My Device' memungkinkan pengguna Android menemukan handset, menguncinya dengan mengatur pin, kode sandi, atau pola dari jarak jauh untuk menjauhkan mata yang tidak diinginkan.

Kamu bahkan dapat menampilkan pesan di layar kunci untuk meminta si penemu menelepon begitu mereka memiliki ponsel kamu.

Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk menghapus semua data di ponsel Android sehingga pencuri tidak memiliki akses ke sana, dan juga memicu perlindungan perangkat yang membuat ponsel tidak dapat digunakan oleh siapa pun kecuali pemiliknya.

Cara menemukan ponsel Android yang hilang dan menghapus data dari jarak jauh

Untuk menemukan, mengunci, atau menghapus ponsel Android, ada beberapa prasyarat yang diperlukan. Ponsel harus dihidupkan, kamu harus masuk dengan akun Google, kamu harus terhubung ke data seluler atau Wi-Fi, mereka harus terlihat di Google Play, harus mengaktifkan pengaturan lokasinya, dan tambahan setelan Temukan Perangkat Saya juga diaktifkan.

Dilansir laman Gadget 360, Senin (15/3/2021), jika semua prasyarat ini terpenuhi, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut:

1.Buka android.com/find dan masuk ke akun Google Kamu, mirip dengan yang digunakan di telepon. Setelah masuk, kamu akan melihat ponsel mudi pojok kiri atas. Jika memiliki beberapa ponsel dengan akun yang sama, pilih salah satu yang hilang. Ini akan menunjukkan kepada kamu detail tentang masa pakai baterai dan kapan terakhir kali online.

2. Google secara bersamaan akan menunjukkan perkiraan lokasi handset di peta. Jika ponsel kamu tidak dapat ditemukan, kamu akan melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.

3. Jika ponsel berada dekat dan kamu tahu tempatnya, kamu dapat pergi ke lokasi dan kemudian memilih opsi Putar Suara untuk membuat ponsel berdering selama lima menit tanpa henti, bahkan jika disetel dalam mode senyap.

4. Jika ponsel berada di area yang tidak diketahui, pembaca diperingatkan untuk tidak mencoba memulihkan ponsel Android mereka sendiri, melainkan menghubungi penegak hukum - yang mungkin meminta nomor seri atau kode IMEI. 

5. Jika Anda ingin mengunci layar, pilih opsi Amankan Perangkat. Ini akan memungkinkan kamu mengunci ponsel dan keluar dari akun Google Kamu. Bahkan, kamu dapat menampilkan pesan dan nomor telepon di layar kunci agar si penemu dapat menghubungi jika mereka menemukan telepon sebelum kamu.Jika tidak memiliki kunci, kamu bahkan dapat mengaturnya melalui opsi ini.

6. Kamu juga dapat memilih untuk memilih opsi ketiga, yakni Hapus Perangkat. Ini secara permanen menghapus semua data di ponsel dan setelah menghapus, Temukan Perangkat Saya tidak akan berfungsi di ponsel. Jika ponsel offline, penghapusan akan dimulai saat ponsel online. Ini akan mencegah penjahat mengakses data apa pun di ponsel kamu.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar