>

Jawaban Menohok Gibran saat IPW Sebut Piala Menpora Ecek-ecek

  Senin, 15 Maret 2021   Budi Cahyono
Gibran Rakabuming Raka (Ayojakarta/Budi Cahyono)

SOLO, AYOJAKARTA.COM – Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 tinggal menghitung hari. Kick-off direncanakan pada 21 Maret 2021 dengan laga pembuka antara Arema FC kontra PS Tira Persikabo di Stadion Manahan, Solo.

Meski kurang dari sepekan kick-off, pertentangan digelarnya turnamen itu masih  bermunculan. Termasuk dari Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane.

Dalam unggahan di akun Instagram @habibneta, dia mengkritik keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo yang menerbitkan izin Piala Menpora 2021.

AYO BACA : Piala Menpora 2021: Jadi Venue Pembuka, PT LIB Cek Kesiapan dan Prokes di Stadion Manahan

Menurutnya, turnamen tersebut tidak berdampak terhadap prestasi sepak bola nasional sembari mebeberkan sembilan alasan utama.

"Dari sembilan alasan IPW ini memastikan Piala Menpora adalah turnamen kelas ecek-ecek. Sama sekali tidak berdampak pada prestasi sepak bola nasional, yang ada justru berpotensi menimbulkan kerumunan masa dan menjadi klaster," tulis Neta.

Sontak saja, unggahan itu mendapat kecaman dari warganet yang mayoritas merupakan penggemar sepak bola nasional. Sejumlah pihak menilai banyak hal penting yang didapat dari penyelenggaraan turnamen itu.

AYO BACA : Piala Menpora 2021: PT LIB Cek Kesiapan Stadion Manahan Bersama Gibran

Jawaban menohok diberikan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang menanggapi komentar IPW tersebut. Menurut Gibran jika turnamen yang diikuti klub-klub Liga 1 itu akan membawa dampak besar bagi perekonomi masyarakat.

Gibran meyakini, pada pertandingan bola piala Menpora tersebut bukan hanya pada pertandingannya saja, melainkan juga efek pada pemulihan ekonomi.

"Saya bukan hanya melihat pada pertandingannya bola saja, namun efeknya juga ke masyarakat pada segi ekonomi itu yang paling penting," ungkap Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini juga mengharap, jika Piala Menpora ini sukses digelar, maka liga satu dan liga dua akan segera digelar di bulan juni tahun ini.

"Nah, jika nanti Piala Menpora sukses diadakan, menyusul Liga 1 dan Liga 2 segera diadakan di bulan juni. Dari beberapa pergelaran tersebut nanti akan semakin ada efek pemulihan ekonomi dan semakin terasa juga," tegas bapak dua anak itu.

AYO BACA : Persipura Jayapura Tak Ikut Piala Menpora 2021, Begini Penjelasan PT LIB

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar