>

Inovasi di Tengah Pandemi, Ada ATM Khusus Beras di Cilincing!

  Selasa, 16 Maret 2021   Aini Tartinia
Kelurahan Cilincing, Cilincing, Jakarta Utara, mengoperasikan ATM Beras di Kantor Sekretariat RW 02. (dok)

CILINCING, AYOJAKARTA.COM – Menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, Kelurahan Cilincing, Cilincing, Jakarta Utara, mengoperasikan ATM Beras di Kantor Sekretariat RW 02.

Lurah Cilincing, Sugiman mengatakan, ATM beras dibentuk sebagai inovasi pemenuhan kebutuhan bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

Sugiman menerangkan, proses awal dibentuknya ATM beras, berasal dari musyawarah pengurus untuk menciptakan ketahanan pangan di wilayahnya. Untuk donatur nya sendiri berasal dari pengurus.

"Dampak dari pandemi tentunya dirasakan banyak pihak. Untuk membantu meringankan warga sekitar tempat tinggalnya dan warga terdampak Covid-19, berdasarkan hasil musyawarah Ketua RW, RT, kader Jumantik dan Dasawisma akhirnya didapatkan ide ATM beras untuk para lansia, jompo dan warga tidak mampu. Donaturnya para pengurus," ungkapnya, dikutip dari utara.jakarta.go.id, Selasa (16/3/2021).

Sugiman menambahkan para lansia, orang jompo dan warga tidak mampu dapat menikmati ATM Beras tersebut sebanyak dua kali pengambilan sebulan. Setiap pengambilan, warga tidak mampu mendapatkan 3 kg beras.

"Saat ini ATM Beras baru dapat melayani 50 orang yang dipilih tiga orang dari tiap RT. Nantinya orang-orang terpilih tersebut dapat mengambil beras dua kali per bulan dengan setiap pengambilan mendapatkan tiga kilogram beras," jelasnya.

Sugiman melanjutkan, Kelurahan Cilincing baru memiliki satu ATM beras. Ia berharap ke depan, makin banyak donatur sehingga dapat mengembangkan ATM beras di RW lainnya.

"Dengan launching hari ini berharap akan dapat menarik sekaligus membuka hati para donatur lain untuk membantu tumbuh kembang dan kelanjutannya. Tujuannya agar semakin banyak ATM Beras yang dimiliki, tentunya akan semakin banyak lagi warga penerima manfaat," ujar Sugiman.

Untuk diketahui, seperti ATM pada umumnya, untuk mendapatkan beras, warga RW 02 dapat menempelkan kartu pada mesin.

Pada proses pengambilan beras warga berada dalam pengawasan pengurus RT/RW, tujuannya mencegah terjadinya kecurangan warga yang menempelkan kartu lebih dari satu kali untuk mendapatkan beras yang lebih banyak dari yang diberikan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar