>

Cari Bukti Korupsi, KPK Geledah Rumah dan Kantor Bupati KBB

  Selasa, 16 Maret 2021   Budi Cahyono
ilustrasi KPK

PADALARANG, AYOJAKARTA.COM -- Penggeledahan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kantor Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih belum bisa dipastikan terkait dengan kasus yang diselidiki.

Namun, penggeledahan yang juga dilakukan di kediaman pribadi Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, diduga kuat karena kasus bansos yang sempat mencuat dimana Bupati Aa Umbara pernah dimintai keterangan.

Terkait hal ini, Ketua KPK Firly Bahuri yang hadir pada kegiatan Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi, Provinsi Jabar, di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, membenarkan jika KPK tengah melakukan pemeriksaan dugaan kasus korupsi yang terjadi di KBB.

"KPK masih melakukan pemeriksaan saksi dan pengumpulan barang bukti tentang dugaan suatu perkara pidana," ujar Firly, Selasa (16/3/2021).

Dia meminta, agar masyarakat menunggu hasil dari pemeriksaan dan pengumpulan bukti-bukti. KPK dalam waktu dekat ini bakal mengungkap kasus apa yang terjadi di Bandung Barat.

"Pada saatnya nanti kami akan sampaikan, kasus apa yang terjadi siapa saja yang terlibat, dan barang bukti apa saja," sebutnya.

Pihaknya akan bekerja secara profesional, akuntabel dan transparan saat menangani dugaan kasus korupsi tersebut.

Hal itu dilakukan demi kepentingan hukum, umum dan menjamin kepastian hukum berkeadilan. Namun tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah dan menjunjung tinggi azas kemanusiaan.

"Setiap orang yang terlibat suatu perkara korupsi harus juga kita minta pertanggungjawabannya, tapi tetap mesti mengedepankan azas praduga tak bersalah," tegasnya. (Tri Junari)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar