>

Catat! 20 Maret, Tarif GeNose C19 Naik Jadi Rp30 Ribu

  Kamis, 18 Maret 2021   Aini Tartinia
Petugas mengetes kantong udara berisi sampel napas calon penumpang dengan GeNose C19 di Stasiun Gambir, Jakarta. Ilustrasi Foto: Prayogi/Republika

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pascasebulan diterapkan pre-launching tarif khusus pemeriksaan GeNose C19 di stasiun kereta api (KA) jarak jauh sebesar Rp20 ribu, mulai lusa tarif pemeriksaan tersebut bakal naik menjadi Rp30 ribu.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menyatakan, selain itu nantinya pemeriksaan GeNose C19 di stasiun KA jarak jauh juga akan terintegrasi dengan ticketing system KAI. Namun, saat ini fitur tersebut masih dalam tahap finalisasi.

"Sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 pelanggan tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas," ujar Joni dalam keterangan resminya yang diterima Ayojakarta, Kamis (18/3/2021).

Diketahui, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun KA jarak jauh, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Untuk menggunakan KA jarak jauh, calon penumpang diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

"Sejak awal hadirnya layanan pemeriksaan GeNose C19 dalam rangka screening Covid-19 pada moda transportasi kereta api berjalan dengan lancar," kata Joni.

Ia melanjutkan, khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang, calon penumpang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif screening Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

"Kami juga mengimbau kepada pelanggan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk memutus penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar