>

Tingkatkan Pemeriksaan GeNose C19, KAI Tambah Pelayanan di 9 Stasiun

  Kamis, 18 Maret 2021   Aini Tartinia
Petugas mengetes kantong udara berisi sampel napas calon penumpang dengan GeNose C19 di Stasiun Gambir, Jakarta. Ilustrasi Foto: Prayogi/Republika

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Kereta Api Indonesia (KAI) menambah 9 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Artinya, saat ini total 23 stasiun kereta api jarak jauh yang memiliki layanan pemeriksaan tersebut.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus merincikan penambahan 9 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, yaitu 6 stasiun kerja sama antara KAI dan Farmalab, terdiri dari stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan.

Adapun, 3 stasiun lainnya kerja sama antara KAI dan Rajawali Nusindo, terdiri dari Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

"KAI akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19," ujar Joni dalam keterangan resminya, Kamis (18/3/2021).

Diketahui sebelumnya, terdapat 14 stasiun yang telah melayani pemeriksaan GeNose C19 yaitu stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

Joni mengatakan, hasil pemeriksaan GeNose C19 di 23 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh.

"Penyediaan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan komitmen KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No.7 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No.20 Tahun 2021," kata Joni.

Selain itu, Joni juga mengungkapkan, mulai lusa KAI bakal menerapkan tarif baru pemeriksaan GeNose C19 di stasiun KA jarak jauh sebesar Rp30 ribu yang sebelumnya dibanderol dengan biaya Rp20 ribu saat pre-launching sebulan lalu.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun KA jarak jauh, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar