Vaksin Covid-19 Anhui Diujicobakan ke Awak Bus Sekolah Jakarta

  Jumat, 19 Maret 2021   Aini Tartinia
Pegawai Upas yang menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui/dok: Dishub DKI Jakarta.

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Jajaran Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kembali terlibat dalam penanganan Covid-19.

Kali ini awak bus sekolah jadi relawan yang terlibat dalam uji coba vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom tahap III yang merupakan produk asal China. 

Kepala Upas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ali Murthado mengatakan, dengan sukarela pihaknya kembali terjun dalam misi kemanusiaan ini.

Jajarannya menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom sebelum didistribusikan untuk masyarakat umum.

Jadi kita diminta Puskesmas Kecamatan Kramat Jati dan menjadi relawan bagi uji coba vaksin yang baru ini," katanya, Kamis (18/3/2021). 

Dikatakan Ali, vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom ini memang tengah diuji coba oleh tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Bahkan, tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (FK UNPAD) Bandung juga melibatkan 4.000 relawan dari seluruh Indonesia.

"Dan karena itu kita para pegawai Upas pun berkenan menjadi relawan dan tanpa paksaan," ujarnya.

Sebenarnya, kata Ali, pada awal dibukanya pendaftaran relawan ada 183 pegawai yang bersedia ikut.

Namun dalam perjalanan selama empat minggu kemarin belum ada vaksinasi sehingga beberapa pegawai sudah divaksinasi Sinovac. "Makanya saat ini yang tersisa tinggal 93 orang yang bersedia menjadi relawan," ungkapnya. 

Di tahap awal sendiri, lanjut Ali, sudah ada 20 orang pegawainya yang disuntik vaksin Covid-19 Anhui.

Keseluruhnya menjalani vaksinasi pada Rabu (17/3/2021) hingga kini tidak ada yang mengalami kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI). "Alhamdulillah semua berjalan lancar dan tak ada kendala sedikit pun," tuturnya.

Sementara untuk penyuntikan vaksin Covid-19 Anhui kepada 73 pegawai UPAS Dishub DKI Jakarta lainnya, menunggu jadwal dari FKUI. Pasalnya mereja yang menangani penelitian uji coba terhadap para relawan yang diajukan.

"Karena nantinya relawan ini sendiri dalam pengawasan tim peneliti selama 14 bulan," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar