--> -->

Antisipasi Longsor Puncak, PT PN VIII Tanam 1.721 Juta Pohon

  Jumat, 19 Maret 2021   Yogi Faisal
Proses penanaman pohon di lahan PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. (Ayobogor/ Yogi Faisal)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM -- Jutaan pohon ditanam di kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Tepatnya, dilokasi banjir bandang yang menerpa kawasan tersebut pada awal tahu 2021. Penanaman pohon sendiri dilakukan oleh pihak PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII).

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), Muhammad Yudayat mengatakan, ada 1.721 juta bibit pohon keras dan tanaman veritifer, yang ditanam di atas lahan seluas 2.151 hektare.

Tujuannya adalah untuk menghijaukan lahan-lahan kritis. Selain itu, penanaman tanaman ini untuk mengembalikan fungsi lahan sebagai daerah penyangga dan resapan air.

"Program ini berfungsi untuk menyeimbangkan ekosistem. Kita ketahui bersama bahwa kasus pertanahan akan semakin kompleks, untuk itu perlu penguatan aspek legalitas kepemilikan lahan sehingga asset biologis kita dapat tetap terjaga kuantitasnya," katanya Jumat (19/3/2021).

Penanaman 1.721 juta bibit pohon keras dan tanaman veritifer tersebut, sekaligus sebagai salah satu antisipasi dini, bencana longsor yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

"Daerah di sini ini kan merupakan lereng yang cukup terjal. Sehingga sangat berpotensi tinggi longsoran terjadi di sini. Apalagi kalau musim penghujan tiba. Makannya kita tanami di sini sebagai antisipasi dini," tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar