>

Anies Sulap Trotoar Jalan Salemba Raya, Gini Penampakannya

  Minggu, 21 Maret 2021   Aini Tartinia
Gubernur Anies Baswedan menyapa pengguna Jalan di trotoar Jalan Salemba Raya/dok: Instagram @aniesbaswedan.

SENEN, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan langsung terhadap hasil pembangunan dan penggunaan trotoar di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat yang belum lama ini telah selesai direvitalisasi menjadi Complete Street tahun 2019.

Adapun kegiatan peninjauan itu ia juga unggah ke akun sosial media miliknya @aniesbaswedan, Jum'at, (19/03/2021). Dalam unggahan fotonya itu Anies dengan menggunakan seragam dinasnya sesekali menyapa warga yang kebetulan tengah melintas di lokasi tersebut.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan RI itu mengatakan, proses revitalisasi trotoar itu dikerjakan bersamaan dengan pengerjaan ruas jalan Kramat Raya dan Cikini Raya yang disebutnya sebagai jalan bersejarah di DKI Jakarta.

"Konsep penataan Complete Street adalah penataan ulang ruas jalan sesuai dengan fungsinya untuk mengakomodir seluruh kebutuhan pengguna jalan sesuai porsi yang tepat dengan memprioritaskan pejalan kaki, pengguna sepeda dan pengguna transportasi umum," ujar Anies di akun instagramnya @aniesbaswedan yang dikutip Ayojakarta, Minggu (21/03/2021).

Kembali dikatakanya, keadaan trotoar tersebut kini jauh lebih lebar ketimbang sebelum dilakukan revitalisasi.

Tak hanya itu, ruas pejalan kaki itu juga telah dilengkapi dengan ubin pemandu, bolard untuk mencegah masuknya pengendara motor di lokasi tersebut.

Selain itu ada juga bangku, manhole utilitas bawah tanah, way finding, signage penunjuk arah atau rute transportasi umum halte dan juga lampu jalan sehingga kini keadaanya lebih layak.

"Cara terbaik merawat fasilitas publik adalah dengan memanfaatkannya. Bagi teman teman yang sehari hari berkegiatan melewati trotoar salemba silahkan laporkan melalui JAKI bila melihat fasilitas yang rusak atau mengganggu," ungkapnya.

Sementara itu ia juga menginformasikan bahwa sepanjang tahun 2021 ini akan ada 10 ruas jalan yang bakal direvitalisasi kondisinya menjadi Complete Street seperti di ruas trotoar Salemba Raya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar