>

Cek 7 Fakta Menarik Dewa Kipas vs Irene Sukandar yang Bakal Tanding Sore Ini

  Senin, 22 Maret 2021   Firda Puri Agustine
Jadwal dan Link Live Streaming GM Irene Vs Dewa Kipas, Senin Pukul 15.00 WIB. [Instagram/Deddy Corbuzier]

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Dadang Subur alias Dewa Kipas akan bertanding catur melawan Grand Master Catur Indonesia Irene Kharisma Sukandar.

Pertandingan akan disiarkan di akun YouTube Deddy Corbuzier hari ini, Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB.

Sempat tersiar kabar bahwa Irene menolak pertandingan melawan Dewa Kipas.

Akhirnya, Deddy Corbuzier memastikan bahwa Irene akan siap bertanding dalam laga catur persahabatan yang disiarkan secara live streaming tersebut.

Berikut sederet fakta menarik jelang laga Dewa Kipas alias Dadang Subur vs Grand Master Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar.

1. Berawal dari pertandingan melawan GothamChess di Chess.com

Nama Dewa Kipas viral setelah pertandingan melawan GothamChess atau Levy Rozman di aplikasi catur online Chess.com, sekaligus disiarkan di platform streaming Twitch. Pertandingan ini berhasil dimenangkan Dewa Kipas.

Akan tetapi, kemenangan Dewa Kipas justru diduga karena adanya kecurangan. Alhasil, akun Dewa Kipas ramai-ramai di-report oleh pendukung GothamChess dan berujung pemblokiran oleh Chess.com.

2. Anak Dewa Kipas tak terima akun ayahnya diblokir

Ali Akbar selaku anak dari Dadang Subur tak terima ketika Chess.com memblokir akun ayahnya. Ali kemudian protes ke pihak aplikasi dan membagikan ceritanya di Facebook.

Unggahan Ali Akbar akhirnya viral di beberapa media sosial, termasuk Twitter dan Instagram.

Kisah ini pun mengundang beberapa influencer seperti Reza Arap atau Jerome Polin untuk kembali meramaikannya di media sosial mereka.

3. Pembuktian Ali Akbar karena dinyatakan curang

Setelah kisahnya viral, Ali Akbar kembali mengunggah beberapa klarifikasi karena akun Dewa Kipas disebut curang.

Ia membagikan beberapa video yang berisi pendapat Dewa Kipas di akun Facebook miliknya, mulai dari rekam jejak Dewa Kipas di dunia percaturan hingga cara ayahnya menang melawan Gotham Chess.

Dewa Kipas alias Dadang Subur juga membagikan catatan sebagai pembuktian bahwa dia tidak curang. Dalam catatannya, Dewa Kipas terlihat menulis beberapa pertandingan ketika ia bertanding di Chess.com, termasuk melawan Gotham Chess.

4. Warganet serbu akun GothamChess dan Chess.com

Usai klarifikasinya viral, warganet kemudian menyerang akun GothamChess dan Chess.com. Levy Rozman selaku GothamChess sebenarnya sempat meminta maaf dan berniat bekerja sama dengan Ali Akbar, sayang akunnya keburu diserang oleh warganet.

Alhasil, akun Twitter dan Instagram GothamChess sempat dikunci. Bahkan ia memblokir konten YouTube dari warganet Indonesia.

Tak hanya GothamChess, Chess.com juga diserbu warganet Indonesia. Namun, mereka tetap menyatakan bahwa Dewa Kipas terbukti curang karena rekam jejak pertandingan yang selalu di atas 90 persen sekaligus dinilai tidak masuk akal.

5. Dewa Kipas dinyatakan curang oleh Percasi

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kemudian membuat diskusi publik mengenai kisruh Dewa Kipas dan GothamChess. Dalam video yang diunggah di YouTube, Percasi akhirnya menyatakan bahwa Dewa Kipas membuat kecurangan.

Pendapat Percasi ini sama dengan statement yang dilontarkan pihak Chess.com, di mana rekam jejak Dewa Kipas mencurigakan.

Berdasarkan data, akun Dewa Kipas telah memainkan 369 game dengan rincian 333 game bermain cepat, menggunakan kontrol waktu 10 menit, sisanya menggunakan kontrol waktu 5 menit dan 15 menit, sejak 11 Februari hingga 2 Maret.

6. Diundang ke podcast Deddy Corbuzier

Dewa Kipas dan Ali Akbar akhirnya diundang untuk memberikan keterangannya di podcast YouTube Deddy Corbuzier. Mereka membahas tentang cara melawan GothamChess sekaligus membahas tentang dunia percaturan Indonesia.

Akan tetapi, podcast Deddy Corbuzier mendapat protes dari Grand Master Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. Ia mengirimkan surat terbuka ke Deddy Corbuzier agar tidak mempermalukan dunia catur Indonesia.

Beberapa hari setelahnya, Irene akhirnya ikut diundang ke YouTube Deddy. Dari pertemuan itu, Irene sepakat untuk melakukan pertandingan persahabatan melawan Dewa Kipas dan disiarkan secara live streaming di YouTube Deddy Corbuzier.

7. Dewa Kipas vs Irene Sukandar resmi tanding sore ini

Kisruh Dewa Kipas akhirnya memasuki babak baru, di mana ia akan bertanding melawan GM Irene Kharisma Sukandar.

Pertemuan yang diinisiasi Deddy Corbuzier itu bakal memperebutkan hadiah sebesar Rp 300 juta.

"Rp 300 juta total hadiahnya. Akhirnya catur bisa seperti ini, diapresiasi. Terima kasih untuk dukungannya," tulis Deddy Corbuzier di Instagram, Minggu (21/3/2021).

Hadiah tersebut bukan hanya untuk pemenang. Peserta yang kalah juga akan mendapat bagiannya.

"Ingat ya, pajak ditanggung pemenang. Menang Rp 200 juta, kalah Rp 100 juta," kata Deddy Corbuzier.

Tak sedikit orang yang antusias dengan duel tersebut. Bahkan saat Deddy Corbuzier menggelar polling pemenang, ada 357.000 warganet terlibat.

Sebesar 79 persen memberikan dukungan buat Dewa Kipas. Sementara sisanya, 21 persen untuk Irene Kharisma Sukandar.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar