>

KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH: Simak Jadwal Pendaftaran dan Persyaratan di Sini

  Rabu, 24 Maret 2021   Eries Adlin
KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH: Simak Jadwal Pendaftaran dan Persyaratan di Sini (ilustrasi)/https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis ketentuan baru mengenai besaran bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan juga besaran biaya hidup untuk mahasiswa penerima subsidi.

Kebijakan tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, 18 Maret 2021. Untuk kalian yang mau ikutan, silakan simak jadwal pendaftaran di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Kemdikbud mengubah besaran dan skema bantuan KIP Kuliah yang semula Rp2,4 juta menjadi maksimal Rp8 juta per semester. Selama ini, di fakultas manapun mahasiswa akan mendapatkan bantuan Rp2,4 juta. Dengan ketentuan baru, beasiswa yang diterima mahasiswa tergantung jurusan yang diambil dan jumlahnya bisa mencapai Rp8 juta per semester.

Dengan perubahan skema itu, Pemerintah menaikkan anggaran untuk KIP Kuliah dari Rp1,3 triliun pada 2020 menjadi Rp2,5 triliun pada 2021. “Jumlah penerimanya tidak berubah, 200 ribu mahasiswa seperti 2020.”

Jumlah penerima KIP Kuliah sebanyak 200.000 mahasiswa baru terbagi dalam program studi A sebanyak 61.000 mahasiswa, program studi B sebanyak 112.000 mahasiswa dan program studi C sebanyak 27.000 mahasiswa.

Biaya pendidikan per mahasiswa pada KIP Kuliah 2020 Rp2,4 juta per semester kini mengalami perubahan, yakni program studi A sebesar Rp8 juta per semester, program studi B sebesar Rp4 juta per semester dan program studi C sebesar Rp2,4 juta per semester.

Kemdikbud juga menaikkan besaran biaya hidup untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah dalam 5 klaster daerah sesuai dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019 yakni:

  • klaster satu Rp800 ribu per semester

  • klaster dua Rp950 ribu per semester

  • klaster tiga Rp1.1 juta per semester

  • klaster empat Rp1,25 juta per semester

  • klaster lima Rp1,4 juta per semester

Berikut pengumuman yang dipajang laman resmi KIP Kuliah Kemdikbud, https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/,

*KIP-Kuliah Jalur Seleksi UTBK-SBMPTN 2021

Pilihan jalur seleksi UTBK-SBMPTN di SIM KIP-Kuliah dibuka mulai tanggal 14 Maret s.d. 31 Maret 2021. Siswa pendaftar UTBK-SBMPTN diharapkan untuk segera melengkapi berkas dan memilih seleksi UTBK-SBMPTN di Menu Seleksi SIM KIP-Kuliah.

Untuk memberikan kemudahan bagi siswa peserta KIP-Kuliah yang mengikuti seleksi UTBK-SBMPTN, siswa TIDAK PERLU menginputkan Nomor KIP-Kuliah di Halaman Pendaftaran UTBK-SBMPTN LTMPT. Sinkronisasi antara SIM KIP-Kuliah dan SIM Pendaftaran UTBK-SBMPTN LTMPT akan dilakukan secara otomatis dan berkala melalui mekanisme host-to-host.

Pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbud terus berkomitmen untuk membuka akses pendidikan tinggi seluas-luasnya bagi seluruh siswa di Indonesia. Semangat menggapai asa!

Halo para Peserta KIP-Kuliah!

Untuk memberikan kemudahan bagi peserta KIP-Kuliah yang mengikuti seleksi SNMPTN, siswa peserta KIP-Kuliah TIDAK PERLU menginput No. KIP-Kuliah di Halaman Pendaftaran SNMPTN - LTMPT.

Siswa Peserta KIP-Kuliah jalur seleksi SNMPTN cukup melengkapi berkas pendaftaran KIP-Kuliah dan memilih seleksi SNMPTN di Menu SELEKSI SIM KIP-Kuliah. Sinkronisasi antara SIM KIP-Kuliah dan SIM Pendaftaran SNMPTN - LTMPT akan dilakukan secara otomatis dan berkala melalui mekanisme host-to-host (berlaku bagi yang sudah finalisasi maupun yang belum).

Pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbud terus berkomitmen untuk membuka akses pendidikan tinggi seluas-luasnya bagi seluruh siswa di Indonesia.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pastikan NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2021 valid, sesuai data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kemendikbud.

*KIP-KULIAH UNTUK PENDAFTAR SBMPN

Peserta KIP-Kuliah yang mendaftar seleksi SBMPN diharapkan untuk segera melengkapi berkas dan memilih seleksi SBMPN di Menu Seleksi sistem pendaftaran KIP-Kuliah. Simpan KAP dan PIN yang diperoleh untuk kemudian dimasukkan ke sistem pendaftaran SBMPN. Selamat berjuang !

Jadwal KIP Kuliah

Tanggal penting jadwal pendaftaran dan penutupan KIP Kuliah Tahun 2021

#             Kegiatan                                                        Dibuka                            Ditutup

1             Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah             08 Februari 2021           31 Oktober 2021

2             SNMPN                                                         12 Februari 2021           18 Maret 2021

3             SNMPTN                                                       14 Februari 2021           23 Februari 2021

4            UTBK-SBMPTN                                              14 Maret 2021               31 Maret 2021

Keterangan:

Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar