>

Begini Penampakan Kebakaran di Matraman yang Tewaskan 10 Orang

  Kamis, 25 Maret 2021   Fichri Hakiim
Kondisi motor yang hangus terbakar di lokasi kebakaran, (Ayojakarta.com/Fichrihakiim)
 

MATRAMAN, AYOJAKARTA.COM -- Sepuluh orang tewas dalam kebakaran di pemukiman padat penduduk di Jalan Pisangan Baru III, Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Kamis (25/3/2021) sekitar pukul 04.20 pagi.

Salah satu penghuni kontrakan yang selamat, Nanang, mengaku pertama kali melihat api berasal dari sebuah sepeda motor yang sedang terparkir di depan rumah.

"Saya buka pintu depan, udah gede tuh api di motor, saya nyelamatin anak saya. Posisi api pada jatuh dari atas, istri saya teriak di dalam, saya mau balik lagi tapi sudah besar apinya," ujarnya.

Saat kejadian, nanang melihat atap rumah tetangganya sudah terbakar.

"Saya lihatnya api dari motor, saya lihat motor sudah terbakar, atap sudah terbakar, saya juga gak tahu itu dari listrik atau apa. Saya tahunya motor terbakar, sama atap api dari samping, dari rumah Beni. Saya mau ke situ lagi udah nggak bisa balik," jelasnya.

Dari informasi yang diterima, penyebab kebakaran diduga berasal dari hubungan arus listrik pendek di salah satu rumah kontrakan.

Pantauan Ayojakarta di lokasi, posisi rumah yang terbakar berada di ujung gang. Sebanyak 4 petak rumah dan 5 unit sepeda motor hangus terbakar. Seluruh isi rumah seperti kasur, kursi, kusen jendela, pakaian dan kandang kucing beserta isinya turut hangus terbakar.

Akses menuju rumah yang terbakar pun terbilang sempit karena berada di ujung gang. (foto bawah/istimewa)

Sepuluh orang yang menghuni tiga kamar kontrakan tak mampu menyelamatkan diri. Korban ditemukan tewas terbakar setelah proses pemadaman selesai, sekitar pukul 05.40 WIB pagi. Satu keluarga berhasil menyelamatkan diri keluar dari rumah saat api membesar.

Lurah Pisangan Baru, Tuti Sugiarti, mengatakan penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan

"Penyebabnya belum kita ketahui, sedang diidentifikasi seluruh perangkat BPBD-Damkar, TNI-Polri, jadi ini rumah yang terbakar 4, seluruhnya 15 jiwa, yang korban meninggal 10 orang, satu keluarga itu ada 4 petak, mereka sudah lama disini," ujar Tuti.

Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Api berhasil dipadamkan pada pukul 05.40 WIB. Akibat peristiwa kebakaran ini, kerugian materi ditaksir mencapai Rp800 juta.

Berikut daftar nama korban meninggal dunia akibat kebakaran:

- Muhammad Hamdani Himawan (24)
- Debby Emilya (23)
- Farras Hizzan (1,5)
- Sri Mulyani (42)
- Ria Ramadani (17)
- Beni Siswanto (44)
- Nova (43)
- Silvanny Aliya Nabila (21)
- Beyva Aliya Azahra (15)
- Benno Siswanto (9) 

Lokasi kebakaran Pisangan Baru III dijaga aparat kepolisian dan Satpol PP, sekitar pukul 09.30 Kamis 25 Maret 2021 (istimewa)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar