>

Pastur Katedral Bogor: Jangan Sebarluaskan Postingan Bom Bunuh Diri Katedral Makassar

  Senin, 29 Maret 2021   Yogi Faisal
Gereja Katedral Kota Bogor, di Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah, Kota Bogor/ayobogor/yogi faisal

 

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA.COM -- Pastur Vikaris Lija Katedral Kota Bogor Romo Endro Susanto, angkat suara soal kasus bom bunuh diri yang terjadi di salah satu Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) pagi.

Pria yang akrab disapa Romo Endro itu meminta kepada masyarakat Kota Bogor khususnya umat Katolik, untuk tetap tenang dalam menyikapi kejadian tersebut.

Ia juga meminta kepada masyarakat, untuk tidak memposting dan menyebarkan kejadian tersebut di media sosial, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Cukup kita ketahui bersama saja kalau kejadian itu terjadi. Jangan disebarluaskan di media sosial, agar kondisi Kota Bogor tetap kondusif," katanya saat dikonfirmasi, ayobogor.com Minggu (28/3).

Meski begitu, pemuka agama Katolik Kota Bogor ini meminta kepada pihak berwenang, untuk mencari dalang intelektual di balik peristiwa berdarah tersebut.

"Kami juga meminta kepada pihak kepolisian untuk mengungkap aktor intelektual dibalik itu semua. Karena ini bukan hanya mencederai umat katolik, tapi ini sudah mengganggu keharmonisan umat beragama di negara kita," ucapnya.

Pascakejadian tersebut, pihaknya mengaku akan memperketat prosedur keamanan bagi siapapun yang masuk ke lingkungan gereja. Baik untuk jamaah gereja maupun pengunjung dan tamu yang datang.

"Tentunya pasca kejadian ini, kami akan memperketat pengamanan di internal kepada siapapun. Termasuk kepada jemaat yang akan menjalankan ibadah. Semuanya akan kami periksa dengan menggunakan alat khusus seperti metal detektor, intinya kami akan perketat pengawasan di internal kami," tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak memberlakukan penutupan gereja. Kegiatan keagamaan tetap berjalan, namun dengan pemeriksaan yang ketat.

"Bagi kami di Bogor tidak ada penutupan ibadah. Semuanya tetap berjalan. Kami juga himbau agar jamaah tetap tenang, kami yakin pihak kepolisian dan TNI mampu menjaga Kota Bogor tetap kondusif," tutupnya.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar