>

Pemerintah Kabupaten Bogor Siapkan Dana Segar Untuk Pembudidaya Ikan Cupang

  Senin, 29 Maret 2021   Yogi Faisal
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, siapkan dana segar demi mendorong potensi ikan cupang di Kabupaten Bogor (ilustrasi)/ayobogor/yogi faisal.

 

CIBINONG, AYOJAKARTA.COM - Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor Oetje Subagdja berencana, bakal menyiapkan sejumlah anggaran, untuk mendorong potensi ikan cupang di Kabupaten Bogor.

Hal itu lantaran saat ini hobi memelihara dan budidaya ikan yang miliki nama ilmiah Betta Splendens tersebut, tengah digandrungi masyarakat.

"Kami akan coba siapkan sejumlah anggaran, untuk membantu pembudidaya ikan cupang. Karena walau bagaimanapun, ikan ini sedang jadi primadona di masyarakat," katanya, Minggu (28 Maret 2021).

Selain tengah naik daun, ikan yang dahulunya dikenal sebagai ikan aduan ini, kini tengah bergeser trendnya sebagai ikan hias. Hal ini juga yang menjadikan ikan tersebut miliki harga yang cukup fantastis. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"Apalagi kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentunya ini bisa menjadi sarana bagi kami di pemerintah, untuk membantu perekonomian masyarakat. Apalagi harga cupang yang cukup menjanjikan," ujarnya.

Berdasarkan data yang ada, di Kabupaten Bogor sendiri baru ada 919 pembudidaya ikan hias, termasuk cupang. Pihaknya mengaku akan mengalokasikan sejumlah anggaran, untuk menstimulasi pertumbuhan budidaya ikan hias dan Cupang di Kabupaten Bogor.

"Insya Allah akan kita anggarkan di tahun anggaran 2021, untuk menstimulus budidaya ikan hias dan cupang. Saat ini kita fokus kepada pendataan dahulu, baru kemudian kita rumuskan berapa alokasi anggaran yang diperlukan," tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar